Kompas TV nasional rumah pemilu

Hari Ini Parpol Koalisi Pengusung Ganjar Pranowo Kumpul di Markas PDI-P, Ini yang Dibahas

Kompas.tv - 4 September 2023, 07:55 WIB
hari-ini-parpol-koalisi-pengusung-ganjar-pranowo-kumpul-di-markas-pdi-p-ini-yang-dibahas
Foto Arsip. Bacapres Ganjar Pranowo. Partai politik (Parpol) koalisi pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo akan menggelar pertemuan di Kantor DPP PDIP pada hari ini, Senin (4/9/2023).  (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai politik (Parpol) koalisi pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo akan menggelar pertemuan di Kantor DPP PDIP pada hari ini, Senin (4/9/2023). 

Parpol yang dimaksud bakal hadir dalam pertemuan tersebut yakni PDI-P, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyebut pertemuan tersebut, akan membahas pelbagai hal, termasuk terkait situasi politik terkini. 

"Besok (hari ini) agendanya adalah pemantapan pemenangan Ganjar dan membahas situasi politik terkini. Hal ini semakin membuat konkret langkah pemenangan Ganjar Pranowo," kata dia, Minggu (3/4/2023).

Pria yang karib disapa Awiek ini, juga membuka kemungkinan adanya pembahasan ihwal bakal calon wakil presiden (Bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo dalam pertemuan tersebut.

“Namanya politik, tidak mungkin tidak disinggung dalam rapat (terkait cawapres). Bisa saja melihat kriteria (cawapres)," ujarnya, dikutip dari Antara.

Meski terbuka untuk membahas kriteria cawapres, namun ia menegaskan pertemuan tersebut belum tentu mengambil keputusan sosok yang akan mendampingi Ganjar di kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Awiek pertemuan tersebut penting karena semakin membuat konkret langkah pemenangan Ganjar di Pilpres 2024.

Hal senada juga disampaikan Sekjen PPP Arwani Thomafi. Ia mengatakan bahwa petinggi partainya dan petinggi partai seperti PDI-P, Partai Hanura dan Perindo akan mengadakan pertemuan di Kantor DPP PDI-P, pada siang nanti.

Baca Juga: Puan Yakin PPP Tetap Bersama di Koalisi Pengusung Ganjar Pranowo

"Insyaallah besok pertemuan para Ketum pendukung capres Pak Ganjar Pranowo dilaksanakan di kantor PDI Perjuangan jam 13.00 siang," kata Thomafi di Rumah Samawi, Jakarta Timur, Minggu (3/9).

Kata dia, pertemuan tersebut akan membahas soal perkembangan terkini, termasuk beberapa hal yang akan menjadi perhatian para ketua umum parpol pendukung bacapres Ganjar.

Thomafi pun menegaskan bahwa pertemuan petinggi partai itu tak akan membahas mengenai bacapres Anies Baswedan yang menyatakan Ketua PKB sebagai pendampingnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Secara khusus tidak (dibahas), PKB yang keluar dari koalisi Partai Gerindra lalu bergabung dengan Partai NasDem itu sebelumnya bukan dari pendukung Pak Ganjar, jadi kami tidak dalam posisi menjadikan itu salah satu agenda pembahasan," ujarnya.


Seperti diketahui, PDI-P, Perindo, Hanura dan PPP saat ini tergabung dalam kerja sama politik untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai bacapres di Pilpres 2024.

Namun, hingga kini kerja sama tersebut belum mendeklarasikan sosok yang akan mendampingi Ganjar.

Kendati demikian, PPP disebut tengah mendorong agar Ketua Bapilu, Sandiaga Uno sebagai bacawapres Ganjar.

Baca Juga: Puan Sebut Gibran Masuk Radar Bacawapres Pendamping Ganjar Pranowo

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x