Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Deklarasi, Cak Imin Ziarah ke Makam Kakek Buyutnya di Jombang

Kompas.tv - 2 September 2023, 12:15 WIB
jelang-deklarasi-cak-imin-ziarah-ke-makam-kakek-buyutnya-di-jombang
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berziarah ke makam kakek buyutnya, KH Bisri Syansuri, di Kabupaten Jombang, Sabtu (2/9/2023). (Sumber: Kompas.com/Moh Syafii)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JOMBANG, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berziarah ke makam kakek buyutnya, KH Bisri Syansuri, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, jelang deklarasi sebagai pasangan capres-cawapres bersama Anies Baswedan, Sabtu (2/9/2023).

Berdasarkan pantauan, Muhaimin datang ke area Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, lokasi makam kakek buyutnya, bersama sang istri Rustini Murtadho.

Muhaimin memasuki pesantren yang didirikan kakek buyutnya, sekitar pukul 09.14 WIB, lalu menuju kompleks makam.  

Kakek buyut Cak Imin, KH. Bisri Syansuri merupakan pendiri Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar, sekaligus salah satu kiai yang berperan penting dalam berdirinya Nahdlatul Ulama (NU).  

Baca Juga: Anies-Cak Imin Disebut Bakal Deklarasi di Hotel Majapahit, PKB: Punya Arti Tersendiri

Selanjutnya Muhaimin dan keluarga tampak memanjatkan doa di makam pendiri NU KH Bisri Syansuri, lalu mereka menziarahi makam ayahnya, KH Iskandar.

“(Setelah) ini kita mau ke Surabaya untuk bertemu teman-teman, Bismillah,” kata Muhaimin usai berziarah, dikutip Kompas.com.

Saat dimintai tanggapan tentang  rencana duet dengan Anies sebagai bakal capres-cawapres, Muhaimin hanya menjelaskan niatnya untuk mengabdikan kepada bangsa dan negara.

Menurut Cak Imin, sapaan akrabnya, ia berniat dan bersedia maju dalam Pilpres 2024 berpasangan dengan Anies Baswedan untuk meneruskan perjuangan ulama.

“Nanti ya, Bismillah. Pokoknya Bismillah, niat ingsung mengabdi untuk bangsa dan negara,” ujar dia.

“Tidak ada (niat) yang lain selain memperbaiki, menyempurnakan, meneruskan perjuangan Mbah Bisri, meneruskan perjuangan aulia,” kata Cak Imin.


Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dikabarkan akan mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 pada hari ini, Sabtu (2/9/2023) di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, pukul 14.00 WIB. 

Agenda ini tertuang dalam surat undangan yang diterbitkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Jawa Timur.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x