Kompas TV nasional rumah pemilu

Sudirman Said Akui Anies Sudah Pilih AHY, tapi Belum Jadi Keputusan Resmi Koalisi Perubahan

Kompas.tv - 1 September 2023, 00:55 WIB
sudirman-said-akui-anies-sudah-pilih-ahy-tapi-belum-jadi-keputusan-resmi-koalisi-perubahan
Foto arsip. Pertemuan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat (7/10/2022). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, memastikan nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal Cawapres Anies belum menjadi keputusan bersama.

Hal ini merespons pernyataan DPP Partai Demokrat yang menilai ada pengkhianatan terhadap semangat perubahan dan pengkhianatan terhadap Piagam Koalisi setelah muncul nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai pendamping Anies di Pilpres 2024.

Sudirman menjelaskan, sebelum Partai Demokrat mengeluarkan pernyataan Anies memilih Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres, Anies memang sudah memilih AHY sebagai bakal cawapres. 

Nama AHY sebagai cawapres Anies juga sudah disampaikan kepada semua pimpinan partai yang menjadi anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) pada Juli 2023 lalu. 

Akan tetapi, pimpinan partai merespons secara beragam atas usulan tersebut. Ada partai anggota KPP yang menyetujui dan meminta segera ditetapkan. 

Baca Juga: Anies Disebut Sudah Tunjuk Muhaimin Jadi Cawapres, Demokrat: Keputusan Sepihak Inisiatif Surya Paloh

Di lain pihak, ada yang berpandangan tidak perlu terburu-buru menetapkan dan menunggu menjelang akhir pendaftaran sembari mengantisipasi bila ternyata muncul opsi nama lain. 

Karena ada perbedaan pandangan antar partai, maka belum menemukan titik temu siapa Cawapres Anies untuk Pilpres 2024 mendata. 

"Perbedaan pandangan antar partai ini belum menemukan titik temu. Karena belum terjadi kesepakatan, maka proses penentuan calon wakil presiden tidak bisa diputuskan," ujar Sudirman dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8/2023) malam.

Sudirman yang juga anggota tim 8 KPP ini menambahkan, dalam proses memilih pasangan Anies sudah menjalankan tugas yang diberikan secara baik yakni membahas dengan berbagai pihak, me-review semua pilihan nama yang diusulkan.

Namun menurutnya, Anies memahami tugas tersebut sebagai proses seleksi yang akhirnya akan disepakati oleh partai koalisi yang berhak mengusung pasangan capres-cawapres. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x