Kompas TV nasional politik

Surya Paloh Bantah Tolak AHY: Dia Adik Saya, The Rising Star

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 23:20 WIB
surya-paloh-bantah-tolak-ahy-dia-adik-saya-the-rising-star
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berbicara dalam Apel Siaga Perubahan Partai NasDem di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senaya, Jakarta, Minggu (16/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh membantah tolak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon wakil presiden dari Anies Baswedan. Menurut Paloh, dia tidak pernah menyatakan tidak setuju pada putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu.   

"Nggak pernah (menolak). Saya tidak pernah menyatakan tidak setuju kepada mas AHY. Sungguh harus saya katakan itu. Apalagi dalam publik, tulisan, tidak pernah ada itu. Dia adik saya. AHY sebagai seorang adik,  orang muda, pemimpin muda yang saya harapkan jadi the rising star ke depan," katanya, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Kata Anies Baswedan Usai Temui Ibunda Cak Imin di Jombang: Alhamdulillah Komunikasi dengan Semua


Kabar Cak Imin sebagai bacawapres Anies di Pilpres 2024, sebelumnya telah diungkap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. 

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menjelaskan, penunjukan Cak Imin sebagai pendamping Anies di Pilpres 2024 terjadi pada Rabu (30/8/2023). 

Pihak yang memberi informasi adalah Sudirman Said, juru bicara Anies yang juga anggota tim 8 KPP. 

Ia menyebut, Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.  

"Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh," ujar Teuku dalam pesan tertulisnya, Kamis (31/8/2023).

Teuku menilai keputusan Anies berpasangan dengan Muhaimin merupakan keputusan sepihak tanpa melibatkan Demokrat sebagai anggota KPP.


 

Padahal, sambung Teuku, sebelum ada keputusan 30 Agustus 2023, Anies sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, yang pada intinya pendamping dirinya di Pilpres 2024 adalah AHY. 

Baca Juga: Wasekjen PKB: Belum Ada Rapat Interal Soal Keputusan Duet Anies-Muhaimin

"Capres Anies menghubungi pada 12 Juni 2023 dan mengatakan kepada Ketum AHY, 'Saya ditelepon beberapa kali oleh Ibu saya dan guru spiritual saya, agar segera berpasangan dengan Capres-Cawapres Anies-AHY," kata Teuku, dilansir dari Kompas.TV.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x