Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat soal Wacana Menduetkan AHY dengan Sandiaga: Kami Belum Berpikir Lain

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 15:00 WIB
demokrat-soal-wacana-menduetkan-ahy-dengan-sandiaga-kami-belum-berpikir-lain
Sandiaga Uno saat ditemui di Universitas Bakrie, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2019). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP Partai Demokrat belum ada rencana untuk menduetkan ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan Ketua Bappilu DPP PPP Sandiaga Uno di Pilpres 2024. 

Wasekjen DPP Partai Demokrat Renanda Bachtiar menjelaskan, sejauh ini di internal partai berlambang bintang mercy itu belum pernah ada pembahasan untuk memasangkan AHY dengan Sandiaga di pesta demokrasi nanti. 

“Sejauh ini belum ada (pembahasan menduetkan AHY-Sandiaga),” kata Renanda kepada wartawan, Kamis (24/8/2023). 

Baca Juga: Dorong Sandiaga Uno Jadi Bakal Cawapres Ganjar, Plt Ketum PPP: Kami Tidak Ngotot

Meski begitu, kata dia, tak ada yang tidak mungkin di dalam dunia politik. Terlebih, situasinya kini masih amat dinamis dan cair. 

Namun, untuk saat ini Demokrat masih fokus pada Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama PKS dan Nasdem agar segera mendeklarasikan bakal cawapres Anies Baswedan. 

“Kalau bicara kemungkinan dalam politik tentu tidak ada yang tidak mungkin. Namun kami belum berpikir lain selain fokus kepada upaya memastikan koalisi kami bertiga dengan Nasdem dan PKS, segera mendeklarasikan pasangan bakal capres dan cawapres kami,” ujarnya. 

Menurut Renanda, deklarasi bakal cawapres KPP pendamping Anies harus disegerakan agar tidak mengalami kerugian yang disesalkan di akhir-akhir nantinya. 

“Semakin cepat semakin baik, semakin lama semakin merugi. Kami tentu ingin menang, dan salah satu faktor penentu kemenangan adalah sosialisasi dan bekerja dengan efektifnya ketiga mesin partai,” katanya. 

Selain itu, pihaknya ingin elektabilitas bakal capres KPP Anies Baswedan bisa segera naik mengejar elektabilitas dari dua bakal capres lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 


“Kami yakin keraguan konstituen ini sangat berpengaruh terhadap penurunan elektabilitas Anies dan kami semua menunggu keseriusan Nasdem untuk mengambil sikap positif dan responsif atas masalah ini,” katanya.

Sebelumnya, Sandiaga mengaku ingin membangun komunikasi dengan elite PKS dan Partai Demokrat. 

Baca Juga: Ramai Wacana Ganjar-Anies, Sandiaga: Saya Ingin Bangun Komunikasi dengan PKS dan Mas AHY

"Namun tentunya saya juga ingin mengajak berbicara lebih dekat temen-temen dari PKS dan juga dari Demokrat, khususnya Mas AHY, karena ini adalah bagian yang tidak terpisahkan agar kita semua merangkul, supaya kita bisa berjuang bersama demi target Indonesia Maju-Indonesia Emas di 2045," kata Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x