Kompas TV nasional politik

Bacapres Berebut Suara Pendukung Jokowi, Survei Litbang Kompas Ungkap Tren Peralihan Suara

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 07:25 WIB
bacapres-berebut-suara-pendukung-jokowi-survei-litbang-kompas-ungkap-tren-peralihan-suara
Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi asar Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). Survei Litbang Kompas periode 27 Juli – 7 Agustus 2023 menunjukkan peningkatan dukungan dari pemilih Jokowi kepada Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei Litbang Kompas periode 27 Juli – 7 Agustus 2023 menunjukkan peningkatan dukungan dari pemilih Jokowi kepada Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. Survei terbaru menunjukkan ada 36,4 persen pemilih Jokowi yang mendukung Prabowo, naik dari 27,7 persen ketika survei Januari 2023.

Meskipun demikian, mayoritas pemilih Jokowi cenderung masih mendukung Ganjar Pranowo dalam survei Litbang Kompas. Ganjar mendapat dukungan 63,6 persen dari pemilih Jokowi.

Peneliti Tim Litbang Kompas, Eren Masyukrilla menyebut, dalam simulasi dua nama, Prabowo cenderung lebih unggul. Ketua Umum Partai Gerindra itu disebut diuntungkan peralihan suara dari pendukung Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Ada kecenderungan baik itu dari pemilih Ganjar, baik ketika Prabowo berhadapan dengan Anies, atau dari pendukung Anies saat Prabowo berhadapan dengan Ganjar, itu memang ada kecenderungan peralihan dukungan meningkat ke Prabowo, hampir 70 persen di situ,” kata Eren dalam program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga: Anies Baswedan di Hadapan Kader Nasdem: Jawa Tengah adalah Kandang Kita Semua

Juru bicara Tim Pemenangan Prabowo Subianto, Habiburokhman menilai peningkatan peralihan dukungan yang terekam dalam survei menjadi kabar positif bagi pihaknya. Ia mengaku hendak memenangkan suara pendukung Jokowi.

"Bayangkan, Pak Prabowo ini kan dulu dikatakan sangat keras ya dengan Pak Jokowi. Bagaimana bisa orang yang dulu berseberangan sekarang justru mendukung Pak Prabowo," kata Habiburokhman.

"Suara pendukung Pak Jokowi tentu jumlahnya sangat besar sekali, dan banyak dari daerah yang Prabowo dulu kurang bisa menangkap. Nah, kita akan melengkapi ceruk-ceruk yang kurang penuh sebelumnya,” lanjutnya.


Sementara itu, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyebut survei menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar berhasil rebound setelah sempat menurun beberapa bulan belakangan.

"Namanya rebound kan katakan kita loncat, turun ke bawah, kemudian melonjak ke atas. Ini yang kita lihat cukup memberikan harapan besar bagi kami," kata Eriko.

Eriko pun menyebut Ganjar akan menyiapkan program-progam terbaik untuk mendapatkan suara pemilih Jokowi. Ia menggarisbawahi survei-survei yang menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi yang mencapai 81-90 persen.

Baca Juga: PPP Tanggapi Hasil Survei Litbang Kompas: Kami Ikhtiar Sandiaga Jadi Pendamping Ganjar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x