Kompas TV nasional politik

Sandiaga Uno Ditunjuk Jadi Menko Marves Ad Interim Gantikan Luhut

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 09:57 WIB
sandiaga-uno-ditunjuk-jadi-menko-marves-ad-interim-gantikan-luhut
Foto arsip. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Sumber: Instagram @sandiuno)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) ad interim selama dirinya dan Luhut Binsar Pandjaitan melakukan perjalanan dinas ke Benua Afrika.

Penunjukkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) untuk menggantikan posisi Luhut sementara tersebut tertuang dalam Surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno Nomor B-795/M/D-3/AN.00.03/02023 tentang Penunjukan Menkomarves ad interim tertanggal 18 Agustus 2023.

Berdasarkan surat tersebut, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan telah mengirim surat permohonan izin perjalanan dinas nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023 tanggal 16 Agustus 2023.

Melalui surat izin perjalanan dinasnya, Luhut mengusulkan nama yang menggantikannya sementara sebagai Menko Marves ad interim selama dirinya membersamai Presiden Jokowi ke Arika pada 20 hingga 26 Agustus 2023.

"Dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menparekraf sebagai Menkomarves ad interim selama Menkomarves melakukan perjalanan dinas ke luar negeri," bunyi surat tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Rombongan Terbatas Bertolak ke Afrika: Kunjungi 4 Negara dan Hadiri KTT BRICS

Kemarin, Minggu (20/8/2023) Luhut termasuk satu dari beberapa orang rombongan Presiden Jokowi yang terbang ke Benua Afrika untuk melakukan kunjungan kenegaraan.

Melalui konferensi pers, Presiden Jokowi mengungkapkan, dirinya beserta rombongan akan mengunjungi empat negara di Benua Afrika, yakni Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan," ungkap Presiden Jokowi melalui konferensi pers di Istana Negara, Minggu (20/8/2023).

Jokowi mengaku, kunjungan ini adalah kunjungan pertamanya sebagai presiden Republik Indonesia ke kawasan Afrika.

Selain melakukan kunjungan, Jokowi juga akan memenuhi undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS atau asosiasi negara Brasil, Rusia, India, China atau Tiongkok, dan Afrika Selatan.

"Di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lain," ujarnya.

Jokowi dan rombongan diperkirakan berada di benua Afrika mulai pekan depan hingga pulang ke tanah air pada Jumat 25 Agustus 2023.

"Insyaallah saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air tanggal 25 Agustus 2023," katanya.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Tergolong "Tidak Sehat", Terburuk Ke-5 Sedunia


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x