Kompas TV nasional peristiwa

Iring-iringan Kirab Budaya Kereta Kencana di Istana Merdeka Jakarta Usai Upacara Penurunan Bendera

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 18:40 WIB
iring-iringan-kirab-budaya-kereta-kencana-di-istana-merdeka-jakarta-usai-upacara-penurunan-bendera
Pasukan berkuda yang mengikuti kirab budaya sekaligus iring-iringan kereta kencana Ki Jaga Rasa pembawa Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Iring-iringan kirab budaya di Istana Merdeka, Jakarta usai Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih diikuti oleh ratusan orang yang terdiri dari berbagai kelompok, Kamis (17/8/2023) sore.

Di barisan depan kirab budaya itu, ada drumband dari gabungan taruna Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Ada taruna dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Kepolisian (Akpol).

Beberapa anggota drumband itu tampak mengenakan kostum yang merepresentasikan mantra mereka. Ada yang memakai kostum macan dari Akmil, kostum paus dan anjing laut dari AAL, serta kostum elang dari AAU.

Selanjutnya, barisan pasukan berkuda turut mengawal kereta kencana Ki Jaga Rasa.

Pasukan berkuda itu dikomandoi oleh Letkol Danang Prasetyo Wibowo yang menunggang kuda bernama Gunung Tambora.

Iring-iringan kereta kencana itu diikuti 15 ekor kuda. Sebanyak 7 ekor kuda berada di depan, sisi samping kanan, serta kiri kereta.

Sementara itu, delapan kuda berada di belakang kereta kencana Ki Jaga Rasa.

Baca Juga: Profil Petugas Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka 17 Agustus 2023

Kereta Kencana Ki Jaga Rasa ditarik oleh enam ekor kuda putih bernama Gunung Gondo, Gunung Sinabung, Bunga Akasia, Bunga Seruni, Bunga Zinnia, dan Bunga Viktoria.

Di barisan berikutnya, ada kelompok pakaian tradisional dari seluruh Nusantara yang diikuti kelompok perwakilan raja-raja Nusantara, yang terdiri dari 38 provinsi di seluruh Indonesia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x