Kompas TV nasional peristiwa

Kaesang dan Sri Mulyani Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi, Raih Busana Adat Terbaik di HUT ke-78 RI

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 13:01 WIB
kaesang-dan-sri-mulyani-dapat-hadiah-sepeda-dari-jokowi-raih-busana-adat-terbaik-di-hut-ke-78-ri
Kaesang Pangarep (kanan) mendapat hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena terpilih menjadi busana terbaik saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Istana Merdeka, Jakarta Kamis (17/8/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kaesang Pangarep dan  Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapat hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Keduanya menerima hadiah sepeda, bersama tiga orang lain yang terpilih menjadi busana terbaik saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Istana Merdeka, Jakarta Kamis (17/8/2023).

Adapun dalam kesempatan tersebut Kaesang mengenakan baju kawasaran, yang merupakan baju suku Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Mengutip dari unggahan istri Kaesang, Erina Gudono, kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan merupakan tarian Ksatria Minahasa yang disebut "Waraney".

Adapun bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola. Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli.

"Kami memakai baju kawasaran sebagai lambang penghormatan kami kepada para WARANEY (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah. Kami nyalakan jiwa muda ksatria WARANEY untuk melanjutkan perjuangan memajukan bangsa," tulis Erina dalam akun Instagramnya, Kamis.

Sementara itu, Sri Mulyani mengenakan pakaian adat dari Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT saat upacara HUT ke-78 RI.

Dalam postingan Instagramnya, Sri Mulyani menjelaskan pakaian adat yang dipakainya itu sebetulnya didesain untuk wilayah Soe yang dingin. Di hari yang cerah ini, kata dia, pakaian itu akan menemaninya untuk memperingati hari ulang tahun negeri ini.

"Di hari yang cerah,
mengenakan tenun “Nunkolo” bernuansa merah…
senyum merekah menyambut hari yang indah…
melihat Sang Saka Merah Putih berkibar gagah
," tulis Sri Mulnyani.

Baca Juga: Pecah! Putri Ariani Goyang Istana dengan Lagu Rungkad, Panglima TNI hingga Iriana Asyik Joget

Seperti diketahui, selain menyuguhkan pertunjukan seni dan musik, pihak Istana juga memberikan hadiah kepada tamu undangan dengan pakaian adat terbaik.

Penilaian baju adat terbaik ini pun memang menjadi sesi tahunan dalam hampir setiap perayaan HUT RI pada 17 Agustus digelar di Istana Merdeka Jakarta.

Untuk tahun ini, juara pertama pakaian adat, diraih Raja Amarasi yang memakai pakaian adat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian, juara dua kedua adalah tamu undangan Gretty yang mengenakan baju adat Bengkulu.

Juara tiga diraih oleh Kohar yang memakai pakaian adat asal Banyuwangi.

Sementara Putra bungsu Jokowi yang mengenakan pakaian adat Minahasa, Sulawesi Utara didapuk menjadi juara empat.

Terakhir, juara kelima diraih Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia memakai baju adat Soe dari Timor Tengah Selatan.

Baca Juga: Asyiknya Ibu Iriana Jokowi dan Para Menteri Joget Gemu Fa Mi Re Bareng Atraksi Helikopter


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x