Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi: Insyaallah Tahun Depan Upacara HUT RI di IKN

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 10:28 WIB
presiden-jokowi-insyaallah-tahun-depan-upacara-hut-ri-di-ikn
Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap tahun depan perayaan upacara peringatan 17 Agustus sudah bisa digelar di Ibu Kota Nusantara atau IKN yang berada di Kalimantan Timur.

"Insyaallah. Tahun depan Insyaallah (upacara HUT RI) sudah di IKN. Kita lihat nanti," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). 

Dia pun menyampaikan harapannya untuk peringatan HUT ke-78 RI kali ini yaitu agar Indonesia terus menjadi bangsa yang kuat.

Baca Juga: Kenakan Ageman Songkok Singkepan Ageng, Ini Momen Jokowi Sapa dan Selfie dengan Warga

Apalagi, kata Jokowi, Indonesia memiliki keragaman budaya, bahasa, suku, dan adat istiadat.

"Seperti yang kita lihat di Istana, keberagaman dipadukan dengan keberanekaragam bermacam-macam baju adat yang kita pakai dan ya ini lah sebetulnya kekuatan negara kita. Kekuatan Indonesia yang keberagaman yang bisa dipersatukan. Jadi kalau kita bersatu, solid, kompak, itulah kekuatan besar Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menjelaskan mengenai baju adat yang dikenakannya pada hari ini yaitu Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, baju adat tersebut biasanya dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji yakni saat raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan, sang raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulo-nya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

Seperti diketahui, Jokowi merupakan presiden pertama yang memulai tradisi mengenakan baju tradisional dalam upacara HUT RI.

Pemakaian baju tradisional nusantara sebagai dress code dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi diinisiasi Jokowi sejak 2017 silam, tepatnya pada HUT ke-72 RI.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng di Upacara HUT ke-78 RI

Kala itu, Jokowi mengatakan pemakaian baju adat dilakukan untuk menunjukkan Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam.

Sejak 2017 hingga kini, Jokowi beserta seluruh tamu dan pejabat yang menghadiri upacara peringatan kemerdekaan pun mengenakan baju adat suku-suku di Indonesia.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x