Kompas TV nasional politik

PAN dan Golkar Dukung Prabowo Capres, Megawati Beri Instruksi Perkuat Akar Rumput

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 21:06 WIB
pan-dan-golkar-dukung-prabowo-capres-megawati-beri-instruksi-perkuat-akar-rumput
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan dalam acara puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberi instruksi untuk memperkuat basis masa di bawah dalam mengahadapi Pilpres 2024. 

Instruksi Megawati ini untuk menyikapi bergabungnya PAN dan Partai Golkar di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan instruksi tersebut langsung diberikan kepadanya setelah Megawati mendapat informasi di media adanya deklarasi PAN dan Golkar bergabung mendukung Prabowo Subianto.

Kala itu dirinya melaporkan terhadap kegiatan penerimaan Muri atas rekor pelayanan kesehatan yang digelar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat melaporkan kegiatan Megawati bertanya kepada dirinya apakah melihat acara deklarasi dukungan terhadap Prabowo. Hasto kemudian meminta arahan Megawati dalam menyikapi deklarasi tersebut.

Baca Juga: Megawati Wanti-wanti Pecat Jajaran BRIN Agar Tak Berpolitik

"Dijawab Ibu (Megawati) adalah, 'perkuat akar rumput. Turun ke bawah bersama dengan rakyat'. Perkuat akar rumput karena bagi PDIP politik itu bukan hypes politics, the real politics itu berada di grass roots," ujarnya dalam sambutannya di acara pemberian rekor Muri kepada PDIP yang mengadakan pengobatan gratis di Ciawi, Bogor, Selasa (15/8/2023).

Hasto menambahkan Megawati juga meminta dirinya untuk mengingatkan kembali para kader untuk tetap turun ke bawah. 

Megawati menyatakan PDIP bukan merupakan partai yang mengusung prinsip politik tingkat tinggi, tetapi politik akar rumput.

"Kita berjuang bukan untuk mendapatkan penghargaan, tetapi yang terpenting, bahwa peri kehidupan rakyat itu dapat kita tingkatkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya. 

Lebih lanjut Hasto menyatakan PDIP sudah memiliki pengalaman saat melawan koalisi besar di Pilpres. Pengalaman tersebut dihadapi PDIP saat Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. 

Baca Juga: Pengamat Politik Ungkap Alasan Koalisi Prabowo Rawan Pecah

Di dua Pilpres tersebut ada lima partai yang mendukung Prabowo sebagai capres, kelima partai tersebut termasuk Golkar dan PAN.

Ia meyakini sejarah akan berulang kembali, yakni kemenangan yang ketiga kalinya untuk PDIP di Pilpres 2024. 

"Ya, apa yang terjadi kan merupakan pengulangan dari 2014," ujar Hasto. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x