Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Tak Goyah Dukung Ganjar Meski Sandiaga Tak Dipilih Jadi Bakal Cawapres

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 08:07 WIB
ppp-tak-goyah-dukung-ganjar-meski-sandiaga-tak-dipilih-jadi-bakal-cawapres
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno saat ditemui di rumah mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, Sabtu (22/7/2023). (Sumber: KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Donnie Tokan menyatakan partainya tak akan goyah  mendukung bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, meski kadernya, Sandiaga Uno tak dipilih menjadi bakal cawapres. 

"PPP ini kan sudah membuat statement ya, resmi saya sebagai juru bicara dan itu keluar juga dari Plt Ketua Umum bahwa kita konsisten mendukung Mas Ganjar," kata Donnie kepada wartawan, Senin (14/8/2023). 

Donnie menyebut pihaknya tak akan mengalihkan dukungan bila memang Sandiaga tak disandingkan dengan Ganjar di pesta demokrasi nanti.

Baca Juga: PDIP Tak Masalah jika PPP Ingin Hengkang karena Paksa Sandiaga Jadi Bakal Cawapres Ganjar

"Enggak ada (keluar kerja sama politik dengan PDIP). Kita konsisten. Walaupun hanya cuma berdua, kami tetap konsisten untuk bersama PDI Perjuangan," katanya. 

Ia menambahkan, PPP dengan PDIP memiliki rekam jejak kerja sama yang sudah terjalin sejak lama. Misalnya, dahulu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pernah berpasangan dengan kader PPP Hamzah Haz.

"Pasangan Bu Mega (Presiden) dengan Pak Hamzah Haz (Wakil Presiden), Mas Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) dengan Gus Yasin (Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen), ini akan kita tetap lanjutkan," katanya. 

Hal senada dikatakan Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. Ia mengatakan keputusan mendukung Ganjar merupakan amanat dari Rapimnas V PPP.

"Karena keputusan Rapimnas V itu bulat total semuanya mendukung Pak Ganjar sebagai calon presiden. Adapun keputusan Rapimnas V itu merekomendasikan Pak Sandi sebagai calon wakil presiden pendamping Pak Ganjar," kata Baidowi.

Sebelumnya, DPP PDIP tak mempermasalahkan bila PPP ingin hengkang dari koalisi mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024. 

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan partai politik (parpol) berlambang Kabah itu tak bisa memaksakan kadernya, Sandiaga Uno untuk jadi bakal cawapres Ganjar di pesta demokrasi nanti. 

Baca Juga: PDIP: Kunjungan Ganjar ke Keluarga Gus Dur Kultural, Tak Ada Hubungan Menyaingi Deklarasi Golkar-PAN

Menurut dia, kerja sama politik yang dibangun itu harus berdasarkan kesukarelaan dari masing-masing parpol untuk membangun Indonesia lebih baik.


"Monggo (kalau PPP ingin hengkang). Lagi-lagi kan bagi PDI Perjuangan kerja sama politik itu dasarnya harus kesukarelaan,” kata Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/8/2023). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x