Kompas TV nasional peristiwa

Berikut Contoh Teks Doa untuk Malam Tirakatan 17 Agustus 2023

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 23:30 WIB
berikut-contoh-teks-doa-untuk-malam-tirakatan-17-agustus-2023
Logo HUT ke-78 RI resmi dari Setneg. (Sumber: setneg.go.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-78 Republik Indonesia.

Dalam menyambut HUT ke-78 RI, biasanya masyarakat mengadakan malam tirakatan yang dihelat menjelang tanggal 17 Agustus.

Pada tahun ini, malam tirakatan 17 Agustus akan diadakan pada Rabu, 16 Agustus 2023 malam.

Biasanya, acara malam tirakatan 17 Agustus diisi dengan sejumlah rangkaian, termasuk pembagian hadiah lomba 17 Agustusan, pemotongan tumpeng, dan pembacaan doa.

Berikut adalah contoh teks doa malam tirakatan 17 Agustus 2023

1. Teks Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023

Dengan rasa salam dan berkah, sebelum acara ini berakhir, marilah kita sejenak bersama-sama memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga segala yang terbaik diberikan kepada kita, keluarga, lingkungan, dan tanah air Indonesia kita ini.

Allahumma salli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, puji bagi-Nya yang pantas diberikan oleh orang yang bersyukur, puji bagi-Nya yang memberi kenikmatan, puji bagi-Nya yang memberi rasa nyaman, puji bagi-Nya yang memberikan nikmat-Nya dan mencukupi segala kebutuhan kita.

Ya Tuhan kami, kami memohon pujian sebagaimana semestinya bagi keagungan wajah-Mu yang mulia dan kehebatan bentuk pujian-Mu yang agung. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa umat kami bangsa Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan, orang-orang beriman, sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, ya Tuhan kami, kami sebagai warga (sebutkan lokasi) berkumpul di tempat ini dalam semangat bersyukur kepada-Mu, serta dalam upaya untuk memperkuat tali persaudaraan di antara sesama warga di lingkungan kami, agar hidup dalam damai, ketentraman, dan cinta kasih yang tulus.

Baca Juga: Geger Suara Dentuman Misterius di Sumenep Madura, BMKG Tegaskan soal Hal ini!

Ya Allah, ya Tuhan kami, pertemuan kami pada malam ini juga dimaksudkan sebagai upaya mengenang dan merenung peristiwa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Semoga hal ini membantu kami memahami dan merasakan makna sebenarnya dari sebuah perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang dan pahlawan kemerdekaan.

Kami berharap dapat meneruskan perjuangan mereka, sehingga kami senantiasa hidup dalam kebebasan, kesejahteraan, kebahagiaan, keprihatinan, keadilan, dan kemakmuran.

Ya Allah Yang Maha Kuasa, ampunilah dosa-dosa pejuang kemerdekaan kami yang telah gugur dan yang telah berjuang dengan mengorbankan nyawa dan air mata.

Terimalah perbuatan baik mereka dan ampunilah dosa-dosa para pemimpin kami, para leluhur kami, orang tua kami, saudara-saudara kami, teman-teman kami, dan ampunilah juga dosa-dosa kami sendiri.

Dengan kerendahan hati, kami memohon ampunan-Mu, ya Allah, semoga kelak dapat meringankan langkah-langkah kami dalam menghadapi perjalanan hidup yang akan datang, agar kami bisa meraih kehidupan yang lebih baik.

Ya Allah Yang Maha Esa, dengan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-78 ini, kami meminta agar negara ini menjadi tempat yang subur dan makmur, hidup dalam kedamaian dan keadilan, serta negara yang selalu mendapatkan perlindungan dari-Mu.
 
Ya Allah, kami mohon kesejahteraan dalam agama kami, kesehatan dalam tubuh kami, penambahan ilmu pengetahuan, keberkahan dalam rezeki kami, dan taubat yang diterima setelah kami meninggalkan dunia ini.

Kami berlindung kepada-Mu dari kejelekan dan dari kejahatan yang ada di bumi dan di langit.

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Update Halte TransJakarta Tendean Kebakaran, Ini Rute-rute yang Dialihkan



Sumber : Tribun News


BERITA LAINNYA



Close Ads x