Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Sekjen PKS: Tiga Paslon Ideal untuk Pilpres 2024

Kompas.tv - 13 Agustus 2023, 18:45 WIB
golkar-dan-pan-dukung-prabowo-sekjen-pks-tiga-paslon-ideal-untuk-pilpres-2024
Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi (Sumber: Humas DPP PKS. )
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Alhabsy menghargai keputusan PAN dan Partai Golkar yang bersama-sama dengan Gerindra dan PKB mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Menurut Habib Aboe, kolaborasi keempat partai tersebut dalam mengusung Prabowo sebagai capres telah menegaskan peta persaingan Pilpres 2024 dengan adanya tiga calon.

"Berlabuhnya Partai Golkar dan PAN ke koalisi Prabowo akan membuat peta Pilpres semakin jelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan hanya akan ada 3 bacapres pada Pemilu 2024 nanti," kata Habib Aboe dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Minggu (13/8/2023).

Dia menyatakan dukungan Partai Golkar, PAN, PKB, dan Gerindra kepada Prabowo adalah ekspresi konstitusional yang wajib dihormati.

Bagi Habib Aboe, dukungan keempat partai tersebut untuk Prabowo merupakan bagian dari dinamika demokrasi yang perlu dijalani. 

"Tentunya, masing-masing partai punya otoritas dan indepedensi untuk mengusung capres dalam pemilu," tuturnya.

Lebih lanjut, Habib Aboe menegaskan kehadiran tiga pasangan calon atau paslon pada Pilpres 2024 akan membantu mengurangi polarisasi yang muncul akibat persaingan politik.

"Saya rasa tiga pasangan calon bacapres ini cukup ideal. Jangan sampai pengalaman pemilu kemarin terulang. Ketika kontestasi hanya diisi oleh dua paslon, yang terjadi adalah polarisasi di tengah masyarakat," ucapnya.

Habib Aboe juga berpesan agar pesta demokrasi dalam Pilpres 2024 digelar dengan kegembiraan dan sehat secara demokrasi.

"Pengalaman tidak baik dalam polarisasi itu cukup sekali, tidak perlu kita ulangi lagi. Biarkanlah tiga pasang kandidat nanti berlomba merebut hati rakyat," ucapnya.

Baca Juga: Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Demokrat: Tidak Mengejutkan, Sudah Terprediksi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x