Kompas TV nasional rumah pemilu

Presiden PKS Isyaratkan Restui AHY Jadi Bacawapres Anies: Beliau Sudah Tertempa Berbagai Pengalaman

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 10:13 WIB
presiden-pks-isyaratkan-restui-ahy-jadi-bacawapres-anies-beliau-sudah-tertempa-berbagai-pengalaman
Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berswafoto di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023). Presiden PKS Ahmad Syaikhu memberi sinyal menyetujui duet Anies-AHY di Pilpres 2024. (Sumber: Humas DPP Partai Demokrat. )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Ahmad Syaikhu memberi sinyal menyetujui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menjadi bakal calon wakil presiden atau bacawapres Anies Baswedan.

Syaikhu menilai putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY itu telah matang karena memiliki pengalaman yang cukup. Hal itu, kata dia, dapat menjadi modal AHY maju sebagai pasangan Anies di Pilpres 2024.

"AHY seperti yang saya katakan, sosok yang sudah tertempa dengan berbagai pengalaman dan ini membuat dia semakin matang," kata Syaikhu usai peluncuran buku Tetralogi Transformasi AHY di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (10/8/2023) malam.

Ia lalu menyinggung pengalaman AHY di dunia militer hingga terjun ke dunia politik sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada 2017.

Ditambah lagi, kata Syaikhu, AHY sudah teruji sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. 

"Sehingga insyaallah kita juga optimis dengan perjalanan hidup beliau," imbuhnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Ngaku Dirinya dan AHY Sering Berdiskusi Akhir-Akhir Ini, Sinyal Bacawapres 2024?

Meski begitu, ia menegaskan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang digawangi PKS, NasDem, dan Demokrat, telah menyerahkan keputusan final kepada Anies Baswedan terkait sosok bakal cawapresnya.

Ketiga partai tersebut, lanjut dia, hanya memberikan masukan atau pertimbangan terkait bakal cawapres kepada Anies.

Lebih lanjut, Syaikhu yakin mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan memilih cawapres yang terbaik untuk bisa memenangkan Pilpres 2024.

"Kami juga melihat Pak Anies menjadi pribadi yang matanglah. Kapan kami mengumumkan, siapa orangnya, saya kira kami percayakan sepenuhnya dengan Pak Anies," tegasnya, dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, hingga kini, Anies belum mengumumkan nama bakal cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024. AHY disebut-sebut menjadi kandidat terkuat.

Sementara berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal capres dan cawapres dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Baca Juga: Anies Buka Peluang Cawapresnya Berasal dari Jawa Timur


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x