Kompas TV nasional humaniora

Mulai Hari Ini Ujian Praktik Sim C Tak Pakai Lintasan Zig-zag dan Angka 8 di Seluruh Indonesia

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 08:49 WIB
mulai-hari-ini-ujian-praktik-sim-c-tak-pakai-lintasan-zig-zag-dan-angka-8-di-seluruh-indonesia
Seorang anggota Polri mengendarai sepeda motor dalam simulasi ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) dengan konsep baru, Senin (26/6/2023), di Markas Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Sumber: KOMPAS/HARIS FIRDAUS)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi menghapus lintasan berbentuk zig-zag dan angka 8 dalam ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C mulai hari ini, Senin (7/8/2023).

Untuk mempermudah calon pemohon SIM C dalam mengikuti ujian praktik, Korlantas Polri telah mengubah lintasan zig-zag dan angka 8 dengan lintasan berbentuk huruf S.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan bahwa ujian praktik SIM C menggunakan lintasan baru tersebut sudah bisa diterapkan pada Senin (7/8/2023) di semua jajaran. 

"Masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres bisa menerapkan ujian," kata Irjen Firman, Senin (7/8/2023).

Ia pun memastikan bahwa lintasan S yang baru ini tetap mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

"Kami memasukkan sisi edukasi kan pengetahuan keterampilan mengemudi sebagaimana jauh masyarakat memahami perilaku untuk di jalan yang kedua bagaimana menguasai kendaraannya," ujarnya.

Baca Juga: Polres Kota Blitar Mulai Terapkan Lintasan Baru Ujian Praktik SIM C

Sebelumnya, Polri mengganti skema uji praktik SIM C berupa lintasan zig-zag dan angka 8 (slalom) menjadi lintasan berbentuk huruf S pada Jumat (4/8/2023).

Penggantian lintasan uji praktik SIM C ini disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Usman Latief.

"Yang sebelumnya berbentuk angka 8, sekarang huruf S," kata Kombes Usman secara tertulis melalui Humas Polri, Kamis (3/8/2023).



Sumber : Kompas TV, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x