Kompas TV nasional rumah pemilu

Setelah Prabowo Berkunjung, Guntur Romli Minta PSI Konsisten Dukung Ganjar Bakal Capres 2024

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 09:23 WIB
setelah-prabowo-berkunjung-guntur-romli-minta-psi-konsisten-dukung-ganjar-bakal-capres-2024
Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli. (Sumber: Tangkapan layar Channel Youtube CokroTV. )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli mengingatkan Wakil Ketua Dewan PSI Grace Natalie agar tetap konsisten terkait sikap PSI dalam dukungannya terhadap bakal capres di Pilpres 2024 mendatang.  

Ia menjelaskan, PSI sebelumnya sudah menempuh proses Rembuk Rakyat untuk mencari sosok bakal capres yang didukung di pesta demokrasi nanti. Saat itu, PSI sudah memutuskan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres. 

"DPP PSI harus menghormati hasil Rembuk Rakyat yang diumumkan oleh Sis Grace Natalie sendiri. Rembuk Rakyat itu mandat dari rakyat, mandat dari konsituen PSI, kalau mau mengubah pilihan politik harus proses Rembuk Rakyat lagi dong," kata Guntur kepada Kompas TV, Kamis (3/8/2023). 

Baca Juga: PSI: Keputusan Kami Soal Bakal Capres dan Cawapres juga Pilihan Presiden Jokowi di Pilpres 2024

Ia menyatakan, dirinya sebagai Ketua Umum Ganjarian akan bersikap bila nanti PSI mengubah arah dukungan ihwal bakal capres di Pilpres 2024.  

"Tapi saat itu pula, saya sebagai Ketua Umum Ganjarian, dan para spartan akan bersikap terhadap DPP PSI," ujarnya. 


Meski begitu, ia masih meyakini PSI akan konsisten dengan hasil Rembuk Rakyat yang sudah diumumkan 3 Oktober 2022 lalu yang memutuskan Ganjar sebagai bakal capres. 

"Buktinya saya hingga sekarang masih tetap aktif berjuang menjadi Ketua Umum Ganjarian Spartan salah satu organ pemenangan lintas partai yang dengan gigih memenangkan Ganjar untuk Presiden 2024," katanya. 

"Tidak ada hambatan, tentangan maupun perintah dari partai PSI untuk menghentikan ini semua," sambungnya. 

Menurut dia, terkait pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan elite PSI kemarin hanya sebuah silaturahmi politik biasa.

"Pak Prabowo pun sudah banyak berkunjung ke berbagai kantor DPP parpol lain dan tidak ada paksaan untuk harus ikut mendukung beliau di Pilpres 2024 nanti," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, keputusan partainya ihwal sosok bakal capres dan cawapres yang akan didukung partainya di Pilpres 2024 merupakan pilihan Presiden Joko Widodo juga. 

Baca Juga: Prabowo Sebut PSI Janji akan Balas Kunjungan, Giring Siap Nyanyi 3 Jam!

Grace menjelaskan, kini PSI belum membuat sikap bakal mendukung siapa di dalam pesta demokrasi nanti. 

"Kita punya masih ada punya Kopdarnas (kopi darat nasional) pada 22 Agustus mendatang, masih ada mekanisme yang kami jalani, insyaallah pilihan atau keputusan final PSI adalah juga keputusannya Pak Jokowi," kata Grace usai menerima silaturahmi politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x