Kompas TV nasional rumah pemilu

Gerindra Klaim Ada Partai Besar yang Bakal Gabung ke KKIR Dukung Prabowo Capres

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 19:24 WIB
gerindra-klaim-ada-partai-besar-yang-bakal-gabung-ke-kkir-dukung-prabowo-capres
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman meyakini dukungan masyarakat untuk Prabowo Subianto maju kembali sebagai Capres di Pilpres 2024 masih tetap tinggi. Hal itu diungkapkannya saat dihubungi di program KOMPAS PETANG KOMPAS TV, Kamis (26/5/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) akan kedatangan anggota baru. Partai yang akan bersanding dengan Gerindra dan PKB ini disebut merupakan partai besar di legislatif.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan dari informasi yang didapat, anggota baru tersebut nantinya akan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024.

Ia juga sempat memberi kisi-kisi partai besar tersebut sempat menggelar pertemuan besar di Bali. 

Di pertemuan itu, sambung Habiburokhman, sebagian besar pengurus daerah partai tersebut memberikan dukungan untuk pencalonan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Baca Juga: Gerindra Percaya Diri & Klaim Akan Ada 5 Anggota Baru yang Gabung Koalisi! Partai Mana Saja?

"Kita jadi tinggal nunggu waktunya saja dan berdoa agar disegerakan," ujar Habiburokhman di DPR, Selasa (1/8/2023). 

Habiburokhman manambahkan kisi-kisi lain terkait anggota baru KKIR yakni partai yang saat ini belum memberi kepuusan terkait mengusung atau mendukung capres dan cawapres di 2024 mendatang.

Saat disinggung anggota baru tersebut adalah Partai Golkar dan PAN, Habiburokhman enggan menjawab lantaran tak ingin mendahului keputusan partai tersebut. 

Selain partai besar, Wakil Ketua Komisi III DPR ini juga mengklaim akan ada lagi partai di luar parlemen yang akan bergabung dengan Gerindra untuk memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

"Ada juga yang dari luar parlemen sehingga kita berikhtiar dan berharap koalisi ini akan semakin besar dan semakin kita mudah untuk menjalankan agenda-agenda perjuangan melanjutkan keberhasilannya Pak Jokowi ini," ujarnya. 

Baca Juga: Hasil Pertemuan Airlangga di Bali Bersama Ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia.

Diketahui partai yang belakangan ini menggelar pertemuan di Bali adalah Partai Golkar. Golkar mengelar pertemuan pimpinan DPD 1 se-Indonesia di Bali pada Minggu (30/7). Pertemuan itu turut dihadiri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dalam pertemuan, beberapa pimpinan DPD itu mendorong agar Airlangga Golkar bergabung ke dalam KKIR dan mendukung Prabowo di dalam pencapresan.

Hingga saat ini Golkar masih tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Namun pada saat yang sama, PPP telah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal capres. 

Di sisi lain, KKIR baru mendapat tambahan kekuatan setelah Partai Bulan Bintang (PBB) yang diketuai Yusril Ihza Mahendra mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Minggu (30/7). 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x