Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: 63 Persen Bagian Indonesia Sudah Terdampak El Nino, Cek Cuaca Hari Ini Selasa 1 Agustus 2023

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 08:11 WIB
bmkg-63-persen-bagian-indonesia-sudah-terdampak-el-nino-cek-cuaca-hari-ini-selasa-1-agustus-2023
Ilustrasi kekeringan akibat El Nino. Pemerintah Ekuador berusaha untuk mencari dana pinjaman dengan mengaktifkan jalur kredit, dengan pemberi pinjaman internasional demi mengurangi dampak dari gangguan cuaca El Nino. (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk berbagai kota besar di seluruh Indonesia pada hari Selasa, 1 Agustus 2023.

BMKG juga menyampaikan bahwa sekitar 63 persen wilayah zona musim di Indonesia terdampak fenomena El Nino, yang membuat musim kemarau menjadi lebih kering.

"Zona musim di Indonesia ada 699 zona. Saat ini sekitar 63 persen sudah memasuki periode musim kemarau, artinya 63 persen memang sudah terdampak langsung dari El Nino itu," kata Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG A Fachri Radjab dikutip dari Antara, Selasa (1/8/2023).

Oleh karena itu, masyarakat di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan diminta untuk mewaspadai peningkatan suhu dan penurunan kelembaban udara yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau.

Berikut ini adalah prakiraan cuaca terperinci berdasarkan kondisi cuaca.

Baca Juga: Kepala BMKG: Musim Kemarau Tahun Ini Diperkirakan Jauh Lebih Kering, Ketahanan Pangan Terancam

Cuaca Cerah Berawan

Menurut BMKG, pada siang hari, kota-kota seperti Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Semarang, Samarinda, Tarakan, Jayapura, Mamuju, Makassar, dan Palembang diprakirakan akan mengalami cuaca cerah berawan.


 

Malam hari, kota-kota yang akan mengalami cuaca serupa adalah Denpasar, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Banjarmasin, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung pinang, Bandar Lampung, Mataram, Pekanbaru, Mamuju, Kendari, dan Palembang.

Cuaca Cerah

Surabaya dan Kupang diprediksi akan mengalami cuaca cerah pada siang hari, sementara Surabaya dan Samarinda di malam hari.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x