Kompas TV nasional peristiwa

Budi Arie Setiadi, dari Aktivis Mahasiswa, Wakil Menteri Desa, Hingga Jadi Menkominfo

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 09:02 WIB
budi-arie-setiadi-dari-aktivis-mahasiswa-wakil-menteri-desa-hingga-jadi-menkominfo
Budi Arie Setiadi dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika, Senin (17/7/2023). (Sumber: Kemendes PDTT)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo Melantik Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Senin (17/7/2023). Sebelum menjadi Menkominfo, Budi Arie merupakan mantan wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).

Dikutip dari situs kemendes, Budi Arie Setiadi lahir di Jakarta, 20 April 1969. Ia merupakan lulusan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia tahun 1996, yang kemudian melanjutkan S2 Manajemen Pembangunan Sosial dan lulus di universitas yang sama pada tahun 2006.

Sejak menjadi mahasiwa Universitas Indonesia, Budi Arie telah aktif dalam berbagai aktivisme dan gerakan mahasiswa. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI 1004 dan Presidium Senat Mahasiswa UI tahun 1994/1995.

Baca Juga: Besok Pagi, Jokowi akan Lantik Menteri Baru, Budi Arie Setiadi Dikabarkan Jadi Menkominfo

Ketika reformasi bergejolak tahun 1998, dia mendirikan surat kabar “Bergerak” pada tahun 1998. Bidang pers dan jurnalisme juga pernah digelutinya pada masa mahasiswa, terutama ketika menjadi Redpel Majalah Suara Mahasiswa UI pada tahun 1993-1994. 

Selain itu, dia tercatat pernah mengelola mingguan Media Indonesia pada tahun 1994-1996. Selanjutnya ikut menjadi bagian awal berdirinya Mingguan Ekonomi “Kontan”. Budi sendiri pernah menjadi jurnalis “Kontan” dari tahun 1996 hingga 2001.


Setelah itu, dia pun merambah ke dunia politik. Sebagai politikus, Budi Arie pernah menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta tahun 2005-2010 dan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Menjelang pemilu 2014, dia kemudian mendirikan PROJO, yaitu kelompok relawan darat terbesar pendukung Joko Widodo pada tahun 2013. PROJO kemudian menjadi organisasi yang mengumpulkan aspirasi pencalonan Jokowi sebelum dideklarasikan secara resmi oleh PDIP. 

Baca Juga: Budi Arie Keceplosan! Projo Ikut Arahan Jokowi Balik Badan Jadi Prowo? | LANTURAN #20

Ketika itu PROJO melawan arus pencapresan Megawati Sukarnoputri dengan calon wakil presiden Joko Widodo. PROJO tampil langsung untuk mengumpulkan suara dari akar rumput untuk pencalonan Joko Widodo sebagai presiden, hingga akhirnya Jokowi terpilih sebagai Presiden RI yang ketujuh.

Sejak 25 Oktober 2019, Budi Arie menduduki jabatan Wamendes PDTT dan pada hari ini, Senin (17/7/2023), dia resmi dilantik sebagai Menkominfo.

Posisi Menkominfo sebelumnya dijabat oleh Mahfud MD selaku pelaksana tugas (plt) Menkominfo. Mahfud MD ditunjuk sebagai Menkominfo sementara untuk mengisi kekosongan setelah Jhonny G Plate dicopot karena menjadi terdakwa kasus pengadaan Menara base transceiver station (BTS) 4G dan saat ini sudah ditahan.
 



Sumber : Wikipedia, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x