Kompas TV nasional humaniora

Kilang Pertamina Internasional Terapkan Safety Leadership Program

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 20:14 WIB
kilang-pertamina-internasional-terapkan-safety-leadership-program
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menerapkan program budaya keselamatan atau safety culture yang disebut Safety Leadership Program (SLP 4.0). (Sumber: Dok PT KPI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menerapkan program budaya keselamatan atau safety culture yang disebut Safety Leadership Program (SLP 4.0). Program ini sebagai langkah penguatan aspek Environment, Health and Safety (HSSE).

Vice President Project Delivery Excellence PT Kilang Pertamina Internasional Agung Eka Purnawan menjelaskan, program yang dikenal dengan nama Pertamina Safety Culture dan telah terbukti mengantarkan penyelesaian proyek dengan aman.

"Nah, saat ini program tersebut diterapkan tidak hanya di proyek, tapi juga di seluruh aktifitas PT KPI dengan penguatan pada aspek leadership terutama di kilang RU V dan proyek RDMP Balikpapan yang menjadi sasaran awal," ucap Agung melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.tv, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga: Tak Pakai Kursi Tegak Lagi, Ini Daftar Kereta Ekonomi Bertempat Duduk Premium!

Program serupa telah diimplementasikan di beberapa proyek kilang seperti Proyek PLBC, Early Work Balikpapan, Early Work Cilacap dan RDMP RU VI Balongan Phase-1. 

Agung memaparkan, peluncuran program Safety Leadership Program 4.0 (SLP) dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman hingga menghilangkan insiden ke angka 0.

Menurut data HSSE KPI, terhitung sepanjang 2022 telah terjadi 91 insiden.

Agung menambahkan, semua pihak saat ini meyakini bahwa pendekatan sisi kemanusiaan, seperti mengajak istri atau anak pekerja untuk bicara keselamatan, dimana mereka sebagai keluarga selalu menunggu di rumah dengan waswas dan berharap orang yang dicintai pulang dengan selamat. 

"Selanjutnya sebagai atasan, semua pimpinan didorong untuk menunjukkan sikap leadershipnya yang di antaranya bersikap sederhana, menghargai sesama, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi untuk urusan safety, tidak marah ketika diingatkan," ungkapnya. 

"Pada akhirnya diharapkan insiden dapat ditekan seminimal mungkin dan menjadi zero insiden," lanjut Agung.

Baca Juga: Lowongan Kerja Anak Perusahaan Pertamina: Lulusan SMA sampai S1 Buruan Daftar!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x