Kompas TV nasional politik

Istana Tepis Anggapan Presiden Jokowi Tidak Paham Persoalan di Papua

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 06:15 WIB
istana-tepis-anggapan-presiden-jokowi-tidak-paham-persoalan-di-papua
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan anak-anak pelajar Papua, Jayapura, Rabu (7/7/2023) (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo memberi perhatian penuh terhadap kemajuan Papua. Hal ini bisa dibuktikan lewat 17 kali kunjungan Jokowi ke Papua selama menjabat sebagai presiden demi memantau perkembangan yang sudah dilaksanakan di sana.

Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan dan Inovasi Billy Mambrasar menilai, sebanyak 17 kali kunjungan Presiden Jokowi merupakan sentuhan khusus agar strategi percepatan pembangunan di Papua bisa dimaksimalkan.

Billy juga tidak pernah melihat adanya penurunan antusiasme masyarakat dalam menyambut kunjungan Presiden Jokowi di Papua. 

Terbaru saat kunjungan Presiden Jokowi pada 5-7 Juli 2023 lalu. Mulai dari peresmian infrastruktur bandara di Kabupaten Asmat, panen raya jagung di Kabupaten Keerom, hingga inspeksi mendadak (sidak) kondisi pasar di Kabupaten Jayapura. 

Kemudian saat membuka gelaran karnaval anak muda Papua yang memamerkan bakat dan kemajuan sumber daya manusia (SDM) Tanah Papua, utamanya di sektor ekonomi kreatif, antusiasme masyarakat tetap sama seperti sedia kala.

Baca Juga: Setara Institute Ingatkan Presiden: Persoalan di Papua Serius, Bukan Masalah Kecil Dibesar-besarkan

"Sebagai Staf Khusus Presiden RI yang mendampingi beliau kerja selama empat tahun ini, saya tidak melihat sedikit pun surut antusiasme masyarakat menyambut kedatangannya," ujar Billy dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/7/2023), dikutip dari Antara

Billy menambahkan, saat kunjungan ke Papua awal bulan lalu, ada empat arahan penting Presiden Jokowi dalam pembangunan Tanah Papua.

Pertama, mengenai percepatan pembangunan infrastruktur. Sesuai dengan visi Presiden Jokowi, percepatan pembangunan infrastruktur akan mempermudah alur barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat, mengurangi biaya dan meningkatkan perputaran uang.

Kedua, soal peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan perbaikan kesehatan. 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x