Kompas TV nasional rumah pemilu

Airlangga Bantah Golkar Bakal Gelar Munaslub untuk Evaluasi Pencapresan Dirinya

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 13:33 WIB
airlangga-bantah-golkar-bakal-gelar-munaslub-untuk-evaluasi-pencapresan-dirinya
Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di kawasan Istana Negara, Jakarta, Selasa (31/1/2023). (Sumber: ANTARA/Indra Arief Pribadi.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah partainya akan melaksanakan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) untuk mengganti dirinya dari posisi ketua umum dan bakal capres dari partai berlambang pohon beringin tersebut. 

"Enggak ada (Munaslub), agendanya bukan itu," kata Airlangga kepada wartawan, Senin (10/7/2023). 

Ia menyebut, tak ada agenda agenda rapat Dewan Pakar Partai Golkar yang membahas pergantian dirinya menjadi orang nomor satu di Partai Golkar. 

Baca Juga: Dewan Pakar Minta Keputusan Munas Golkar agar Airlangga Diusung Jadi Bakal Capres Dievaluasi

"Enggak ada itu (rapat Dewan Pakar). Tidak ada, tidak ada," katanya. 

Sebelumnya, Dewan Pakar Partai golkar menggelar rapat internal di rumah Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, Jalan Cipinang-Cempedak, Jakarta Timur, Minggu (9/7/2023). 

Salah satu keputusan dari rapat tersebut adalah meminta hasil Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar 2019 yang menetapkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi bakal calon presiden (bacapres) dievaluasi.

"Padahal kan sudah hampir empat tahun ya, tetapi kejelasan DPP Golkar terhadap keputusan munas itu belum kelihatan,” kata Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Ridwan Hisjam seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu. 

Ia menyebut, Golkar memang sudah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada tahun lalu bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk menghadapi Pilpres 2024. 


Namun, KIB pun sampai saat ini tidak jelas. Sebab, tiga partai politik (parpol) menunjukkan sikap yang berbeda soal pengusungan bacapres. 

Baca Juga: Begini Tanggapan Ketum Golkar Airlangga soal Wacana Poros Keempat di Pilpres 2024

Bahkan, saat ini, PPP sudah menjalin kerja sama politik dengan PDIP karena sama-sama mendukung Ganjar Pranowo sebagai bacapres. Sedangkan, Golkar dan PAN belum mementukan langkah politiknya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x