Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno Jenguk Cak Nun di RSUP Sardjito Yogyakarta

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 12:02 WIB
presiden-jokowi-dan-mensesneg-pratikno-jenguk-cak-nun-di-rsup-sardjito-yogyakarta
Presiden Joko Widodo dan Mensesneg Pratikno saat akan masuk ke dalam mobil usai menjenguk budayawan dan cendekiawan muslim Emha Ainun Nadjib atau sering dipanggil Cak Nun di RSUP dr Sardjito Yogyakarta. (Sumber: KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SLEMAN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjenguk cendekiawan muslim Emha Ainun Nadjib atau yang terkenal dengan nama Cak Nun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dokter Sardjito, Sleman, Yogyakarta, Minggu (9/7/2023).

Presiden Jokowi tiba sekitar pukul 10.00 WIB beberapa saat usai Mensesneg Pratikno datang ke rumah sakit yang berafiliasi dengan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu.

Pratikno tampak sudah siap menunggu kedatangan Jokowi ketika orang nomor satu di Republik Indonesia itu berjalan masuk melalui pintu lobi Pusat Jantung Terpadu RSUP dr Sardjito.

Sekira pukul 10.17 WIB, Presiden Jokowi dan rombongan pun berjalan keluar menuju mobil kepresidenan bersama Mensesneg Pratikno dan meninggalkan rumah sakit tipe A di Yogyakarta tersebut.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP dr Sardjito, Banu Hermawan, mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi datang untuk menjenguk Cak Nun.

Baca Juga: Banyak Hoaks soal Kondisi Cak Nun, Begini Imbauan dari Sumber Resmi Emha Ainun Nadjib

"Jadi memang betul hari ini Pak Jokowi sekitar 10 menit yang lalu melakukan kunjungan ke rumah sakit dr Sardjito dalam kapasitasnya menjenguk Pak Emha Ainun Najib," kata Banu, Minggu (9/07/2023).

Ia menjelaskan, Presiden Jokowi menjenguk Cak Nun selama kurang lebih 15 menit dan bertemu dengan anak dan istri Cak Nun, Novia Kolopaking.

"Bertemu dengan Emha, mbak novia dan putranya," terang Banu berdasarkan laporan Kompas.com.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Novia membenarkan bahwa suaminya sedang sakit. Ia pun meminta doa agar Cak Nun lekas sembuh.

"Iya betul, kurang sehat," jawab Novia kepada wartawan, Kamis (6/7/2023).

Meski begitu, ia enggan menjelaskan secara detail terkait gangguan kesehatan yang dialami Cak Nun.

"Doakan semoga segera pulih," pintanya.

Baca Juga: Masih Dirawat di RSUP Sardjito, Kondisi Cak Nun Kini Membaik: Sadar, Stabil, Bisa Berkomunikasi

Sementara itu, kemarin, Sabtu (8/7) sumber informasi resmi Cak Nun mengungkapkan bahwa tokoh intelektual muslim Indonesia itu sudah membaik.

"Teman-teman semua, alhamdulillah berkat doa dari teman-teman semua, para Jamaah Maiyah, para sahabat beliau, dan para tokoh masyarakat, perkembangan hari ini Mbah Nun semakin baik. Kondisi beliau sadar, stabil, dan bisa berkomunikasi," tulis kanal informasi resmi Cak Nun, Sabtu (8/7).

Cak Nun diberitakan menjalani perawatan intensif di Unit Perawatan Intensif (ICU) RSUP dr Sardjito usai pingsan pada Kamis (6/7).

"Teman-teman semua yang kami hormati, hari ini Mbah Nun sedang istirahat di rumah sakit. Mohon doa dari teman-teman semua agar Mbah Nun segera bisa selesai dari istirahatnya," kata kanal informasi resmi Cak Nun, Kamis (6/7).


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x