Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Banyak Hoaks soal Kondisi Cak Nun, Begini Imbauan dari Sumber Resmi Emha Ainun Nadjib

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 10:27 WIB
banyak-hoaks-soal-kondisi-cak-nun-begini-imbauan-dari-sumber-resmi-emha-ainun-nadjib
Foto arsip. Penggagas jemaah Maiyah Mocopat Syafaat, Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun. (Sumber: Instagram Cak Nun)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

SLEMAN, KOMPAS.TV - Kondisi penggagas jemaah Maiyah Mocopat Syafaat, Emha Ainun Nadjib kini banyak dicari publik usai budayawan yang lebih dikenal dengan nama Cak Nun itu dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dokter Sardjito, Sleman, Yogyakarta.

Sumber resmi Cak Nun mengungkapkan banyak hoaks atau berita palsu yang bermunculan usai lelaki berusia 70 tahun itu dikabarkan sakit.

"Orang di pinggir jalan, yang tidak tahu apa-apa tapi mengatakan sesuatu bisa disaut oleh wartawan dan dijadikan narasumber utama. Akhirnya banyak berita hoax bermunculan. Baik dari media resmi maupun media abal-abal," kata redaksi caknun.com, Sabtu (8/7/2023) malam.

Selain mengajak publik, terutama jemaah Maiyah, untuk mendoakan kesembuhan Cak Nun, sumber resmi itu juga mengingatkan agar selektif memilih berita.

"Mari bersama-sama kita menjadi pembaca berita yang sedikit lebih cerdas," ajak media resmi milik Cak Nun itu.

Sumber resmi itu juga mengungkapkan bahwa saat ini kondisi Cak Nun berangsur membaik. Tokoh intelektual muslim Indonesia itu disebut sudah sadar, dalam keadaan stabil, dan bisa berkomunikasi.

Baca Juga: Masih Dirawat di RSUP Sardjito, Kondisi Cak Nun Kini Membaik: Sadar, Stabil, Bisa Berkomunikasi

"Teman-teman semua, alhamdulillah berkat doa dari teman-teman semua, para Jamaah Maiyah, para sahabat beliau, dan para tokoh masyarakat, perkembangan hari ini Mbah Nun semakin baik. Kondisi beliau sadar, stabil, dan bisa berkomunikasi," tulis kanal informasi resmi Cak Nun, Sabtu (8/7).

Di sisi lain, para jemaah Maiyah juga terus mendoakan kesembuhan dari tokoh intelektual Muslim Indonesia itu.

"Teman-teman semua, seiring kondisi Mbah Nun yang makin membaik hingga sore tadi, merupakan hal yang menggembirakan bahwa teman-teman semua terus mengalirkan doa untuk Mbah Nun," tulis redaksi caknun.com, Sabtu malam.

"Seperti yang berlangsung malam ini di Rumah Maiyah Kadipiro, bapak-bapak KiaiKanjeng dan jamaah Maiyah Mocopat Syafaat melingkar bersama untuk terus menghaturkan doa untuk Mbah Nun," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Cak Nun diberitakan menjalani perawatan intensif di Unit Perawatan Intensif (ICU) RSUP dr Sardjito usai pingsan pada Kamis (6/7).

Baca Juga: Cak Nun Sempat Isi Acara Sebelum Dirawat Intensif, Diduga Kelelahan

"Teman-teman semua yang kami hormati, hari ini Mbah Nun sedang istirahat di rumah sakit. Mohon doa dari teman-teman semua agar Mbah Nun segera bisa selesai dari istirahatnya," kata kanal informasi resmi Cak Nun, Kamis.

Usai kabar tersebut beredar, banyak masyarakat yang mendoakan kesembuhan ayah dari vokalis band Letto itu.

Sehari usai kabar dirawat di rumah sakit beredar, Jumat (7/7) Cak Nun disebut  dalam kondisi stabil.

"Alhamdulillah proses recovery Mbah Nun berjalan terus dengan baik. Kondisi beliau stabil, demikian pula kesadaran beliau baik dan stabil," ungkap kanal resmi Cak Nun.

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, Cak Nun masih aktif dalam berbagai kegiatan. Ia sempat tampil bersama KyaiKanjeng di Kampung Mataraman, Bantul pada Minggu (2/7).


 



Sumber : Kompas TV, caknun.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x