Kompas TV nasional rumah pemilu

Projo Tak Yakin Jokowi Dukung Ganjar di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Kompas.tv - 7 Juli 2023, 08:19 WIB
projo-tak-yakin-jokowi-dukung-ganjar-di-pilpres-2024-ini-alasannya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 sebagai bentuk kepercayaan FIFA. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie mengaku tak yakin bila Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mendukung bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Ia menjelaskan, hingga saat ini Presiden Jokowi belum mengintruksikan kepada Projo untuk menentukan sikap atau dukungan bakal capres dan cawapres di pesta demokrasi nanti. 

"Ya enggak dong (berbeda pendapat dengan Jokowi). Ya lihat saja (arahan dukungan) nanti pak Jokowi akan memerintahkan kami seperti apa," kata Budi Arie seperti dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (6/7/2023). 

Baca Juga: Hasto Sebut Pertemuan Ganjar dengan Erick sebagai Penjajakan Bakal Capres dan Cawapres

Ia menilai wajar saja bila elite PDIP mengklaim Jokowi mendukung Ganjar di Pilpres 2024. 

"Ya nggak apa-apa orang mau bilang 100 persen nggak apa-apa, ada yang bilang 150% besok-besok juga nggak apa-apa. Yang pasti kita percaya kalau kita pakai istilahnya lagu zaman dulu getar-getar asmara," ujarnya.

Ia menjelaskan, belum diungkapnya sosok dukungan untuk Pilpres 2024 karena pendaftaran capres-cawapres belum dilaksanakan.

Sejauh ini, pihaknya masih akan menunggu apa yang menjadi dinamika di dalam politik jelang pilpres 2024 tersebut.

"Maksudnya gini kita kan masih menunggu nuansa masa pendaftaran, capreskan di bulan Oktober sampai November. Tunggu saja, mungkin dalam beberapa bulan ke depan nanti," kata dia.

Sementara itu, Bendahara Umum Projo Panel Barus meyakini Jokowi akan mendukung Prabowo. "Kami memiliki pandangan yang sama bahwa Pak Jokowi akan mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024," kata Panel.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mungkin mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024 mendatang. 


“Saya luruskan itu tidak benar (Jokowi dukung Prabowo). Pak Jokowi sebagai Presiden memastikan agar proses pergantian kepemimpinan ke depan berjalan dengan baik,” kata Hasto seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Selasa (4/7/2023).

Hasto menyebut, Presiden Jokowi juga telah memberikan arahan kepada seluruh kader partai untuk memenangkan bakal capres Ganjar Pranowo di pesta demokrasi nanti.

Baca Juga: Sekjen PDIP: Tidak Benar Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

“Beliau yang juga merupakan keluarga besar dari PDI Perjuangan sudah memberikan arahan-arahan khusus untuk pemenangan Pemilu Legislatif dan pemenangan Pak Ganjar,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x