Kompas TV nasional rumah pemilu

Tanggapi SBY soal Cawe-cawe, Jokowi Pastikan Seluruh Perangkat Negara Netral di Pemilu 2024

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 10:12 WIB
tanggapi-sby-soal-cawe-cawe-jokowi-pastikan-seluruh-perangkat-negara-netral-di-pemilu-2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 sebagai bentuk kepercayaan FIFA. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh aparatur negara akan netral dalam menyongsong gelaran Pemilu 2024 mendatang. 

Hal ini menanggapi komentar Presiden ke-6 RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono terkait cawe-cawe politik yang dituliskan dalam sebuah buku kecil.

"Yang paling penting, yang juga sudah sering saya sampaikan, netralitas dari TNI/Polri, PNS kita, birokrasi kita betul-betul harus kita jaga dan agar tetap netral. Jadi, enggak usah, enggak ada kekhawatiran mengenai itu,” kata Jokowi seperti dikutip dari Kompas.id, Senin (3/7/2023). 

Baca Juga: SBY: Saya Menghormati Pilihan Presiden Jokowi untuk Cawe-Cawe di Pilpres 2024

Ia menyatakan,  ikut campur dirinya dalam pesta demokrasi nanti hanya untuk memastikan kalau gelaran itu berlangsung secara jujur, adil dan bersih.

"Saya kira, sudah berulang kali saya sampaikan bahwa penyelenggara pemilihan umum itu adalah KPU (Komisi Pemilihan Umum). Pemerintah memberikan dukungan, baik dari sisi keamanan maupun membantu nanti dalam distribusi logistik,” ujarnya.

Sebelumnya, SBY mengatakan, dirinya menghormati pilihan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mengambil sikap untuk cawe-cawe di Pilpres 2024 demi kepentingan bangsa dan negara. 

"Saya menghormati pilihan beliau (untuk cawe-cawe di Pilpres 2024). Sah-sah saja Presiden Jokowi mengatakan atau berbuat begitu. Apalagi kalau cawe-cawe yang beliau lakukan adalah cawe-cawe yang baik, yang positif," tulis SBY dalam tulisannya berjudul "Pilpres 2024 dan Cawe-Cawe Presiden Jokowi" yang disebar ke publik pada Senin (26/6/2023). 

"Saya pikir kita tidak boleh serta-merta mengatakan bahwa apa yang dilakukan Pak Jokowi itu tidak baik atau salah. Itu pendapat saya," sambungnya. 


Menurut dia, perbedaan sikap dirinya dengan Presiden Jokowi dalam menyikapi pesta demokrasi saat mengakhiri jabatan tak dapat disimpulkan apakah itu baik atau tidak.

"Meskipun saya memiliki pandangan yang secara fundamental berbeda dengan beliau, tak boleh saya mengatakan bahwa yang Pak Jokowi lakukan tidak baik, sebaliknya yang saya lakukan dulu yang lebih baik." 

"Untuk diingat, memang pada Pilpres 2014 dulu saya memilih bersikap netral, dan mempersilakan baik pasangan Pak Jokowi bersama Pak Jusuf Kalla maupun pasangan Pak Prabowo bersama Pak Hatta Rajasa untuk berkompetisi secara sehat dan demokratis," ujarnya. 

Presiden ke-6 RI itu mengingatkan Presiden Jokowi agar ikut campurnya mantan gubernur DKI Jakarta tersebut di Pemilu 2024 berdampak baik dalam pelaksanaanya. 

"Nah, tentang kata-kata bahwa cawe-cawe yang akan dilakukan itu demi kepentingan bangsa dan negara, mungkin ini yang Pak Jokowi perlu berhati-hati," kata SBY. 

Dalam mengartikan kepentingan bangsa dan negara, kata SBY, khususnya jika dikaitkan dengan Pilpres 2024 mendatang harus tepat dan tidak bias. 

Karena, kepentingan nasional, tidaklah sama dengan kepentingan politik seorang presiden atau kepentingan politik sebuah partai politik (parpol) atau pihak mana pun. 

Baca Juga: SBY Sebut Jokowi Berhak Endorse Bakal Capres dan Cawapres: selama Tidak Gunakan Sumber Daya Negara

"Banyak literatur yang mendefinisikan kepentingan negara dalam tingkatan mulai yang bersifat hidup matinya sebuah negara (survival interest), disusul dengan kepentingan negara yang vital (vital interests) dan kemudian disusul dengan kepentingan besar (major interests), dan seterusnya."

"Terjaminnya keselamatan, kedaulatan, dan keutuhan NKRI misalnya itu adalah survival interests. Terlindunginya keamanan negara dan terjaganya ekonomi nasional sering diidentikkan dengan vital interest," katanya. 




Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x