Kompas TV nasional rumah pemilu

SBY: Saya Menghormati Pilihan Presiden Jokowi untuk Cawe-Cawe di Pilpres 2024

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 21:01 WIB
sby-saya-menghormati-pilihan-presiden-jokowi-untuk-cawe-cawe-di-pilpres-2024
Presiden RI Jokowi bersama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, dirinya menghormati pilihan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mengambil sikap untuk cawe-cawe di Pilpres 2024 demi kepentingan bangsa dan negara. 

"Saya menghormati pilihan beliau (untuk cawe-cawe di Pilpres 2024). Sah-sah saja Presiden Jokowi mengatakan atau berbuat begitu. Apalagi kalau cawe-cawe yang beliau lakukan adalah cawe-cawe yang baik, yang positif," tulis SBY dalam tulisannya berjudul Pilpres 2024 dan Cawe-Cawe Presiden Jokowi yang disebar ke publik pada Senin (26/6/2023). 

"Saya pikir kita tidak boleh serta-merta mengatakan bahwa apa yang dilakukan Pak Jokowi itu tidak baik atau salah. Itu pendapat saya," sambungnya. 

Baca Juga: SBY Terbitkan Buku 'Pilpres 2024 dan Cawe-cawe Presiden Jokowi', Berikut Isinya

Menurut dia, perbedaan sikap dirinya dengan Presiden Jokowi dalam menyikapi pesta demokrasi saat mengakhiri jabatan tak dapat disimpulkan apakah itu baik atau tidak.

"Meskipun saya memiliki pandangan yang secara fundamental berbeda dengan beliau, tak boleh saya mengatakan bahwa yang Pak Jokowi lakukan tidak baik, sebaliknya yang saya lakukan dulu yang lebih baik." 

"Untuk diingat, memang pada Pilpres 2014 dulu saya memilih bersikap netral, dan mempersilakan baik pasangan Pak Jokowi bersama Pak Jusuf Kalla maupun pasangan Pak Prabowo bersama Pak Hatta Rajasa untuk berkompetisi secara sehat dan demokratis," ujarnya. 

Presiden ke-6 RI itu mengingatkan Presiden Jokowi agar ikut campurnya mantan gubernur DKI Jakarta tersebut di Pemilu 2024 berdampak baik dalam pelaksanaanya. 

"Nah, tentang kata-kata bahwa cawe-cawe yang akan dilakukan itu demi kepentingan bangsa dan negara, mungkin ini yang Pak Jokowi perlu berhati-hati," kata SBY. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x