Kompas TV nasional politik

PDIP Buka Seluas-luasnya Peluang Rekonsiliasi Hubungan Megawati dan SBY

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 18:42 WIB
pdip-buka-seluas-luasnya-peluang-rekonsiliasi-hubungan-megawati-dan-sby
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengatakan rencana penghapusan daya listrik 450 volt ampere (VA) tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. (Sumber: Dok. BPIP)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, pihaknya membuka peluang untuk merekonsiliasi hubungan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Ia menjelaskan, indikasi itu terlihat dengan telah terealisasinya pertemuan antara Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. 

Baca Juga: Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat: Politisi Muda Kami dan PDI-P Ingin SBY-Megawati Bersalaman

"Kami membuka diri seluas-luasnya (rekonsiliasi Megawati-SBY), bahkan telah terjadi pertemuan Mbak Puan dengan Ketum Partai Demokrat Pak AHY," kata Said di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (22/6/2023). 

Ia menegaskan, partainya tidak ada masalah apa pun dengan Partai Demokrat. 

“Tidak ada problem apapun PDIP dengan Demokrat, klir,” ujarnya.

Ketua Badan Anggaran DPR RI ini menambahkan, pertemuan antara SBY dan Megawati tak perlu direkayasa.

Menurutnya, pertemuan itu harus berjalan secara natural.

"Karena ini kan sudah menyangkut Bapak SBY, Bu Mega, Pak Jokowi, kan pasti di antara beliau-beliau ini, ada komunikasinya. Kan tidak mungkin pangkat seperti saya agar mengatur-atur pertemuan," katanya. 

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyebut, para politisi muda di partainya dan PDIP ingin Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) rekonsiliasi.

Ia menjelaskan, dirinya diminta SBY untuk melakukan komunikasi dengan kader PDIP di parlemen untuk menjembatani pertemuan dengan Megawati.

"Saya diminta beliau untuk berdiskusi dengan teman-teman di PDIP di parlemen, dengan Bambang Pacul, dengan Ketua Fraksi Pak Utut (Adianto), karena kami politisi-politisi muda ini ingin melihat para pemimpin-pemimpinya (Megawati dan SBY) itu bersalaman dalam alam nyata," kata Hinca dalam program Satu Meja The Forum di Kompas TV, Rabu (22/6/2023). 

Baca Juga: Ahmad Basarah Artikan Presiden Ke-8 RI di Mimpi SBY Mengarah ke Ganjar Pranowo, Begini Analisisnya

Menurut dia, dengan bertemunya Megawati dan SBY hubungan yang renggang antar keduanya akan selesai. 

"Apabila mereka berdua bicara empat mata, kan saya kira selesai. Biarlah mereka (Megawati-SBY) yang menyelesaikan," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x