Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Beri Pesan untuk Pecinta K-Pop dan Orangtua di Indonesia, Apa Katanya?

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 07:08 WIB
megawati-beri-pesan-untuk-pecinta-k-pop-dan-orangtua-di-indonesia-apa-katanya
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan pesan untuk para pecinta budaya Korea khususnya K-pop dalam sambutannya di acara Pesta Kersenian Bali ke-45 di Denpasar, Bali. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

DENPASAR, KOMPAS.TV - Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri, memberikan pesan kepada anak muda Indonesia yang menyenangi budaya Korea khususnya musik Korea Pop (K-pop), Minggu (18/6/2023).

Ia mengatakan tidak ada masalah bagi generasi muda Indonesia untuk menikmati musik K-pop atau budaya asing lainnya, asalkan mereka tidak melupakan seni dan budaya Indonesia.

"Anak-anak, itu tolonglah, kalian mau senang dengan K-Pop, dengan Rock, dengan Hiphop dan lain sebagainya, tidak apa-apa, tapi, jangan, jangan sekali-sekali, tidak mencintai yang namanya seni kita, Indonesia Raya," tutur Megawati dalam pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-45 tahun 2023 di Denpasar, Bali, pada Minggu (18/6). dari Antara, Minggu.

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki Jadi Fotografer Dadakan, Kali Ini Memotret Megawati

Ketua Umum PDI Perjuangan ini sadar bahwa saat ini budaya luar terus merasuk ke Indonesia, dengan K-Pop menjadi yang paling populer.

Generasi muda yang menyukai musik modern atau seni kontemporer tidak bisa dihindari, tetapi Megawati menekankan pentingnya menjunjung tinggi kebudayaan warisan leluhur di Indonesia.

Didik Anak Cinta Budaya Indonesia 

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut juga meminta para orangtua untuk mendidik anak-anak mengenal dan mencintai budaya dan seni Indonesia sejak dini.

Baca Juga: Momen Menparekraf Sandiaga Uno Sambut Megawati di Pesta Kesenian Bali!

Menurutnya, ini adalah cara untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap negeri dan kebanggaan sebagai bangsa dengan identitas budaya yang kuat.


 

"Seni budaya Indonesia yang saya katakan sangat, bukan hanya kaya raya tapi luar biasa. Buatlah segera, sanggar seni budaya menjadi sebuah kesatuan gerak untuk Indonesia yang berkepribadian dalam budaya," ujarnya.

Megawati, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, menegaskan bahwa pendapatnya bukanlah sikap anti-modernisasi. Ia berharap pesannya dapat mengingatkan generasi muda untuk menghargai dan mencintai seni dan budaya Indonesia sebelum mencintai budaya asing.

"Saya tidak anti, silakan, mengikuti peradaban modern. Tapi masa lalu bangsa kita ini gemilang lho sebenarnya," pesan Megawati.

Baca Juga: Pesan Megawati ke Puan Maharani saat Bertemu dengan AHY: Senyum, Jangan Tegang-Tegang!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x