Kompas TV nasional hukum

Dampak Positif Sistem Pemilu Proporsional Terbuka bagi Parpol, Kader Berpeluang Punya Daya Tawar

Kompas.tv - 15 Juni 2023, 18:42 WIB
dampak-positif-sistem-pemilu-proporsional-terbuka-bagi-parpol-kader-berpeluang-punya-daya-tawar
Para pimpinan partai politik parlemen bergandengan tangan seusai berkumpul dalam Silaturahmi Politik Awal Tahun di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu (8/1/2023). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sistem pemilihan umum (pemilu) proporsional terbuka memberikan sejumlah dampak positif bagi partai politik.

Sebagaimana telah diberitakan, gugatan terkait sistem pemilu proporsional terbuka gugur hari ini, Kamis (15/6/2023). 

Pasalnya, Mahkamah Konstitusi (MK) memutus menolak gugatan atas Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yang diajukan oleh sejumlah masyarakat sipil, dan anggota parpol pada November 2022 lalu.

Keputusan MK ini pun menegaskan bahwa sistem Pemilu 2024 di Indonesia mendatang tetap menerapkan sistem proporsional terbuka.

Menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sistem pemilu proporsional terbuka adalah sistem yang memungkinkan para pemilih untuk mencoblos nama atau foto kandidat di surat suara ketika pemilu legislatif atau pileg.

Saat sistem proporsional terbuka diterapkan, partai politik harus mendaftarkan nama-nama calon legislatif (caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk selanjutnya dicetak di surat suara.

Ketika pemilu berlangsung, caleg yang memperoleh suara terbanyak akan terpilih sebagai anggota legislatif, baik Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pusat maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka Dibanding Tertutup

Dampak positif penerapan sistem pemilu proporsional terbuka bagi partai politik

Dilansir dari situs resmi MK, ada sejumlah dampak positif sistem proporsional terbuka bagi partai politik. 

Sistem ini berpeluang besar dalam mempertahankan demokrasi internal, menguatkan kelembagaan, serta mendorong pelaksanaan fungsi-fungsi partai politik.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.