Kompas TV nasional peristiwa

Ketika Jokowi Geram Anggaran Stunting Rp10 Miliar Malah Dipakai untuk Rapat dan Perjalanan Dinas

Kompas.tv - 15 Juni 2023, 09:00 WIB
ketika-jokowi-geram-anggaran-stunting-rp10-miliar-malah-dipakai-untuk-rapat-dan-perjalanan-dinas
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung tentang tingginya harga rumah di Singapura dan menawarkan tempat tinggal di Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada para hadirin di acara Ecosperity Week 2023 di Singapura, Rabu (7/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/Nadia Intan F.)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampak geram karena banyak alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang tidak tepat penggunaannya. 

Salah satunya yaitu terkait anggaran stunting. Jokowi mencontohkan ada satu daerah yang punya anggaran untuk penanganan stunting mencapai Rp10 miliar. 

Namun, dari jumlah dana yang telah dianggarkan tersebut, mayoritas justru dipakai untuk kegiatan yang berbeda seperti rapat dan perjalanan dinas.

Baca Juga: Ternyata Paparan Asap Rokok Orang Tua Berpotensi Buat Anak Stunting, Ini Penjelasan dari Kemenkes

“Contoh, ada anggaran stunting, 10 miliar, coba cek liat betul untuk apa 10 miliar itu. Jangan membayangkan nanti ini dibelikan telur, susu, protein, sayuran,” kata Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

“Baru saja minggu yang lalu saya cek di APBD Mendagri (Menteri Dalam Negeri), coba saya mau lihat 10 miliar untuk stunting. Perjalanan dinas Rp3 miliar, rapat-rapat Rp3 miliar, penguatan pengembangan apa-apa bla bla bla Rp2 miliar.”

Jokowi mengatakan, anggaran penanganan stunting seharusnya lebih banyak dipakai untuk beli telur, susu, ikan, daging, sayuran, dan lainnya.

Sebab, bahan-bahan makanan tersebut manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat, bukan malah untuk rapat atau perjalanan dinas.

Jokowi menilai jika anggaran yang dipakai tidak tepat penggunaannya, ia khawatir persoalan stunting tidak akan selesai. Karena itu, ia meminta agar penggunaannya diubah. 

Baca Juga: Cegah Anak Kurang Gizi, Tribun Jakarta Luncurkan Program Semesta Mencegah Stunting di Jakarta Pusat

“Kapan stuntingnya akan selesai kalau caranya seperti ini? Ini yang harus diubah semuanya. Kalau 10 miliar itu anggarannya, mestinya yang untuk lain-lainnya itu 2 miliar, yang 8 miliar itu ya untuk langsung telur, ikan, daging, sayur, berikan ke yang stunting,” ujar Jokowi.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x