Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP: Peluang Sandiaga Uno Diusulkan Jadi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo Makin Terbuka Lebar

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 22:00 WIB
ppp-peluang-sandiaga-uno-diusulkan-jadi-bakal-cawapres-ganjar-pranowo-makin-terbuka-lebar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tiba di Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengatakan peluang Sandiaga Salahuddin Uno diusulkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo semakin besar.

Sebagaimana telah disampaikan PPP sebelumnya, Baidowi memastikan partainya tetap akan mengusulkan dua nama tokoh yang akan mendampingi bakal capres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

"Masih dua nama, tapi ketika beliau (Sandi) bergabung dengan PPP, peluang untuk diusulkan sebagai bacawapres itu semakin terbuka lebar, dibanding ketika beliau tidak berpartai atau sebelum masuk ke PPP," ungkap Baidowi di program Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (14/6/2023).

Selama tiga bulan ke depan, kata dia, partai berlambang Ka'bah ini akan berkomunikasi dengan PDI-P secara intensif untuk membahas tentang calon pendamping Ganjar di Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

"Tinggal komunikasi politik ke depan, selama tiga bulan ke depan ini PPP akan berkomunikasi secara intensif dengan PDIP sebagaimana kesepemahaman di antara kami bahwa PPP juga berhak mengajukan calon terbaiknya, kader terbaiknya untuk mendampingi Pak Ganjar dalam Pilpres yang akan datang," jelas politikus yang akrab dipanggil Awiek ini.

Baca Juga: Sandiaga Uno Resmi Jadi Kader PPP, Terima Kartu Tanda Anggota dan Jaket Hijau

Selain membuat strategi memenangkan Pilpres, Awiek menekankan bahwa partainya itu juga berupaya lolos parliamentary threshold 4 persen, dengan menambah anggota legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

"Tentu PPP tidak hanya memikirkan Pilpres, tapi juga bagaimana bisa lolos parliamentary threshold 4 persen dan kursi PPP di DPR RI bisa bertambah," ujarnya.

Ia pun berharap, masuknya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu ke PPP bisa memberikan dampak elektoral dan meningkatkan perolehan kursi di DPR.

"Dan tentu harapannya juga mesin politik bisa bekerja maksimal ketika nanti mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung oleh PPP bersama teman-teman koalisi," ungkapnya.

Sebelumnya, Awiek juga mengatakan, partainya siap untuk memberikan posisi strategis di tingkat pusat bagi Sandiaga Uno, salah satunya kursi wakil ketua umum PPP.

Baca Juga: PPP Akui Tak Buru-Buru Usung Sandiaga Uno jadi Bakal Cawapres di Pilpres 2024

"Ya, salah satu opsi (waketum) lah ya, toh di DPP kan banyak jabatan. Tapi yang jelas bukan ketum, sekjen, bendahara umum. Nanti akan disampaikan oleh Pak Mardiono, akan kita bahas. Tapi yang jelas posisinya bagus lah," tutur di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6) dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, posisi Sandiaga di dalam partai akan diputuskan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP yang digelar pada Jumat (16/6).


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x