Kompas TV nasional rumah pemilu

Waketum PPP: Arus Bawah Kami Ingin Sandiaga Jadi Bakal Cawapres di Pilpres 2024

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 13:42 WIB
waketum-ppp-arus-bawah-kami-ingin-sandiaga-jadi-bakal-cawapres-di-pilpres-2024
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbicara kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara menyebut mayoritas kader partainya ingin Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno diusung menjadi bakal cawapres dari partai berlambang Ka'bah itu di Pilpres 2024 mendatang. 

Ia menjelaskan, selain sosok Sandiaga muncul juga nama Plt Ketua Umum PPP Mardionon untuk diusung sebagai bakal cawapres di pesta demokrasi nanti.

Baca Juga: Hari Ini Sandiaga Uno Bakal Resmi Miliki KTA PPP Usai Hengkang dari Gerindra

"Infomasi dari arus bawah sampai saat ini masih satu nama (bakal cawapres), Pak Sandi, tapi ada beberapa menyebut nama Pak Mardiono, tapi Pak Mardiono sendiri secara langsung mengatakan bahwa ingin fokus untuk memenangkan partai," kata Amir kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/6/2023). 

Ia menyebut, sosok yang nantinya resmi diusung PPP menjadi bakal cawapres hanya bersifat rekomendasi. Sebab itu harus dikomunikasikan lagi dengan partai koalisi. 

Saat ini, PPP tergabung dengan PDIP untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

"Untuk (pengusungan bakal) cawapres kita ada mekanisme, emang sekarang nama-nama beredar dan nanti siapa yang kita dorong, kita dorong bukan berarti harus otomatis jadi cawapres, tapi kita harus bicarakan dengan partai koalisi yang ada," ujarnya.

Selain itu, kata dia, untuk memutuskan nama bakal cawapres dari PPP juga harus melalui mekanisme yang diatur dalam partai. 

"Tentu ada mekanime internal yang harus kita lakukan dan insyAllah akan kita lakukan dalam waktu dekat. Nanti kita lihat karena itu ada mekanisme khusus," ujarnya. 


 

Sebelumnya, Sandiaga mengaku ikhlas bila dirinya tidak diusung menjadi bakal cawapres pada Pilpres 2024.

Ia mengatakan keputusannya bergabung dengan partai berlambang Ka'bah itu bukan untuk mengamankan tiket bakal cawapres.

"Saya ikhlas, saya bergabung (PPP) ini karena ada kesepakatan dari perjuangan ke depan," kata Sandiaga usai rapat internal di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Baca Juga: Besok Rabu 14 Juni 2023, Sandiaga Uno Resmi Bergabung dengan PPP

Menurutnya siapa tokoh yang akan diusung PPP di Pilpres 2024 merupakan wewenang pimpinan partai politik (parpol).

"Nanti keputusannya apa, tentunya menjadi wewenang pimpinan partai politik dan gabungan partai politik," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x