Kompas TV nasional rumah pemilu

Hari Ini Sandiaga Uno Bakal Resmi Miliki KTA PPP Usai Hengkang dari Gerindra

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 07:33 WIB
hari-ini-sandiaga-uno-bakal-resmi-miliki-kta-ppp-usai-hengkang-dari-gerindra
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbicara kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno bakal menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rabu (14/6/2023) pukul 18.30 WIB. 

Hal itu ditandai dengan pemberian Kartu Tanda Anggota (KTA) PPP dari Plt Ketua Umum PPP Mardiono kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut. 

Baca Juga: PPP Sebut Tak Akan Beri Jabatan Ketum dan Dua Posisi Ini ke Sandiaga Uno

"Ya insya Allah besok pak Sandi resmi bergabung seperti disampaikan oleh pak plt ketum Mardiono. Rabu besok jam 18.30 setelah maghrib," kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek, Selasa (13/6/2023). 

Awiek menjelaskan alasan pihaknya menggelar acara tersebut setelah magrib. Salah satunya agar tak mengganggu kerja Sandiaga yang saat ini masih menjadi pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kenapa? Karena ini acara partai politik, pak Sandiaga Uno masih pejabat publik, maka kita menggunakan waktu di luar jam kerja, biar tidak ada istilah politisasi jabatan, itu yang kita hindari," kata Awiek.

Ia menyebut, komunikasi pihaknya dengan Sandiaga itu sudah berlangsung sejak 2020 lalu. 

"Nah, penjajakan terhadap pak Sandi ini sebenarnya sudah lama, bahkan sejak tahun 2020 ketika mau Muktamar PPP itu sudah sempat kita jajaki kemungkinan-kemungkinan, tapi beliau belum berkenan. Belakangan alhamdulillah beliau berkenan," kata Awiek.

Awiek menyatakan, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu akan mendapatkan jabatan yang terhormat ketika menjadi kader PPP.

"Ya tentu pak Sandi dengan ketokohannya dengan sekaliber beliau tokoh nasional, posisi strategis atau posisi terhormat kita siapkan," kata Awiek.

Meski begitu, kata Awiek, Sandiaga Uno tidak mungkin diberikan tempat untuk menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) atau Bendahara Umum (Bendum).

"Yang jelas bukan 3 tempat, bukan ketua umum, sekjen, bendum bukan di situ," ujarnya.

Sementara itu, Sandiaga pun mengaku ikhlas bila dirinya tidak diusung menjadi bakal cawapres pada Pilpres 2024.


 

Ia mengatakan keputusannya bergabung dengan partai berlambang Ka'bah itu bukan untuk mengamankan tiket bakal cawapres.

"Saya ikhlas, saya bergabung (PPP) ini karena ada kesepakatan dari perjuangan ke depan," kata Sandiaga usai rapat internal di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Baca Juga: Apa Sebetulnya Alasan Sandiaga Uno Pilih PPP setelah Hengkang dari Gerindra? Begini Kata Jubirnya

Menurutnya siapa tokoh yang akan diusung PPP di Pilpres 2024 merupakan wewenang pimpinan partai politik (parpol).

"Nanti keputusannya apa, tentunya menjadi wewenang pimpinan partai politik dan gabungan partai politik," katanya.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x