Kompas TV nasional rumah pemilu

Tiga Ketum Parpol Masuk Radar Bacawapres Ganjar, Pengamat: PDIP Butuh Tambahan Amunisi Dukungan

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 20:07 WIB
tiga-ketum-parpol-masuk-radar-bacawapres-ganjar-pengamat-pdip-butuh-tambahan-amunisi-dukungan
Pakar komunikasi politik Karim Suryadi dan Ketua DPP PDIP Sukur Nababan dalam dialog Kompas Petang, Senin (12/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar komunikasi politik Karim Suryadi mengungkapkan alasan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berkomunikasi dengan sejumlah ketua umum partai politik terkait bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo.

Setidaknya ada tiga nama ketua umum parpol yang masuk ke radar PDIP, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Karim mengatakan, PDIP menjalin komunikasi dengan partai lain untuk menambah amunisi guna memperkuat pemenangan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres.

Baca Juga: Nasdem Yakin Demokrat Tak Akan Tinggalkan Anies, Meski AHY dan Puan Berencana Bertemu

“Kalau hanya mengandalkan kerja sama antara PDIP, PPP, dan Perindo untuk memenangkan Ganjar Pranowo, itu juga masih berat, kurang lebih 30 persen. Sehingga butuh tambahan amunisi,” kata Karim dalam Kompas Petang, Senin (12/6/2023).

“Kedua, Ganjar Pranowo itu masih dikesani (kesannya, red) PDIP banget, belum go public. Untuk menambah itu, maka jaringannya harus diluaskan,” sambung dia.

Terkait komunikasi PDIP dengan Partai Demokrat, Karim menilai bahwa ada tujuan yang lebih spesifik. Yakni, mencairkan kebekuan antara dua partai yang sudah lama ada.


Baca Juga: Sekjen Partai Demokrat dan PDIP Bertemu Tadi Sore, Rencanakan Pertemuan Puan-AHY

Selama pemilu berlangsung di Indonesia, kata Karim, belum pernah ada kerja sama yang terjalin antara PDIP dengan Partai Demokrat.

Lebih lanjut, Karim menuturkan bahwa PDIP sebagai partai nasionalis terbuka hendaknya memang harus mampu membangun dialog dengan partai lain.

“Kan tidak elok kalau misalnya terdengar membangun barikade dengan salah satu partai,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto membeberkan akan ada pertemuan politik Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersama Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. 

"Nanti Mbak Puan Maharani akan bertemu dengan Mas AHY untuk melakukan dialog," ujar Hasto, Sabtu (10/6/2023). 

Baca Juga: Reaksi Cak Imin Disebut Puan Masuk Radar Bakal Cawapres Ganjar

Puan Maharani juga membeberkan nama yang masuk dalam bursa bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Masih ada nama-nama lain yang sedang kami cermati. Saya juga komunikasi dengan Cak Imin, kemudian Pak Airlangga, dan nama-nama lain. Banyak yang masih bisa kita masukkan, kita lihat dulu apakah cocok jadi bacawapres PDIP,” ujar Puan, Minggu (11/6/2023).

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x