Kompas TV nasional rumah pemilu

Di Depan Relawan, Ganjar Cerita saat Ditunjuk Jadi Capres PDI-P: Gemetar, Saya Hanya Orang Biasa

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 11:08 WIB
di-depan-relawan-ganjar-cerita-saat-ditunjuk-jadi-capres-pdi-p-gemetar-saya-hanya-orang-biasa
Bakal Capres PDI-P, Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi dukungan dari Relawan Gapura Nusantara (RGN) di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menceritakan perasaannya ketika Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menunjuk dirinya sebagai bakal Capres untuk Pemilu 2024 mendatang.

Ia mengaku dirinya gemetar saat mendapat amanah tersebut. Pasalnya, Ganjar merasa dirinya hanya orang biasa yang berproses di partai banteng moncong putih.

Hal ini disampaikannya, saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi dukungan dari Relawan Gapura Nusantara (RGN) di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023) pagi.

"Saya sejak tanggal 21 April 2023 sebagai Kader PDI-P diberikan amanah oleh Ibu Megawati untuk menjadi calon presiden, saya gemetar saat itu," kata Ganjar.

"Karena saya persis seperti bapak dan ibu, orang biasa saja, dari bapak saya pensiunan polisi yang pada saat itu pangkatnya letnan 1 yang hidupnya harus membayar utang dari bulan ke bulan." 

Ia pun mengaku tumbuh di keluarga yang sederhana dan hidup tanpa kemewahan.

"Dan kami anak-anaknya harus membereskan utang orang tua kami, jadi kami tidak hidup dalam keenakan dan kemewahan. Tidak sama sekali," tuturnya.

Baca Juga: Tawa Megawati Respons Pertanyaan Media Soal Siapa Cawapres Ganjar: Kok Gak Bosan Ya?

Kendati demikian, Ganjar bersyukur karena tanpa didikan orang tuanya, ia tidak akan menjadi seperti sekarang.

Bakal Capres PDIP ini pun kemudian mengenang kembali kehidupan masa kecilnya yang mendapatkan didikan disiplin militer oleh sang ayah. 

"Spirit patriotisme, spirit perjuangan, nilai kejuangan yang diberikan dalam disiplin militer pada saat itu betul-betul membekas," jelas Ganjar seperti dipantau dari program Breaking News KompasTV.


"Sederhana sebenarnya, hanya sekedar menyemir sepatu setiap pagi, kalau tidak mengkilap kita disuruh lari."

Sementara dari sang Ibu, Ganjar mengaku dididik untuk menjadi anak yang mandiri.

"Ibu saya yang sangat luar biasa mendidik kami menjadi anak mandiri. Sejak SD kami bisa membuat nasi goreng, sambel tempe, bisa mencuci baju setrika serta mencuci piring," ucapnya.

"Dengan tugas pada anak anakny septiap pagi, kamu ngepel lantai ya, kamu cuci piring, dan itu dibagi bergiliran, seorang ibu yang sangat luar biasa."

Baca Juga: Jokowi Akrab Dengan Prabowo dan Ganjar, Pengamat: Ada Panggung Depan, Ada Panggung Belakang

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x