Kompas TV nasional politik

PSI Setia Menunggu, Petemuan Giring dengan Kaesang Belum Mengarah Deklarasi Maju Pilwalkot Depok

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 07:40 WIB
psi-setia-menunggu-petemuan-giring-dengan-kaesang-belum-mengarah-deklarasi-maju-pilwalkot-depok
Baliho yang dipasang PSI berisi dukungan untuk Kaesang Pangarep maju jadi Wali Kota Depok. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih menunggu keputusan dari putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, untuk terjun di Pilkada Serentak 2024.

Ketua DPP PSI Sigit Widodo menjelaskan, saat Ketua Umum PSI Giring Ganesha bertemu Kaesang, tidak ada pembicaraan serius terkait politik, apalagi soal Pilwalkot Depok.

Pertemuan tersebut lebih mengarah kepada pendekatan antara partai politik dengan figur yang didukungnya. Namun PSI tetap setia menunggu keputusan Kaesang untuk maju di Pilwalkot Depok. 

"Ibarat orang pendekatan ini baru ngajakin jalan, ngajakin nonton, ngajakin makan bareng. Jadi kami tidak langsung menanyakan Mas Kaesang kapan deklarasi maju," ujar Sigit di program Kompas Malam KOMPAS TV, Jumat (9/6/2023).

Sigit menambahkan, PSI tidak berkecil hati jika nantinya Kaesang memilih masuk PDI Perjuangan, mengikuti jejak Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Pengamat Ungkap Sulit Tentukan Keseriusan Kaesang Gabung Meskipun Gunakan Kaus PSI

Yang pasti, sambung Sigit, PSI membuka pintu untuk bergabung dan tetap mendukung Kaesang untuk maju di Pilwalkot Depok di 2024.

"Sekarang posisinya Kota Depok membutuhkan satu sosok pemimpin seperti Mas Kaesang, dan itu akan kami perjuangkan, termasuk kalaupun Mas Kaesang memilih partai lain, tentu saja kami berharap nanti bentuknya koalisi," ujar Sigit.

Ganti Kepemimpinan

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan, alasan PSI bersikeras mengusung Kaesang lantaran banyaknya problem yang perlu ditangani dengan cara lain. 

Apalagi dalam tiga tahun terakhir Depok masuk tiga besar kota intoleran di Indonesia. Penilaian tersebut hasil penelitian yang dilakukan Setara Institute mengenai Indeks Kota Toleransi (IKT).

Baca Juga: Dibanding PSI, Gerindra Dinilai Lebih Cocok jadi Kendaraan Kaesang di Pilkada Kota Depok

"Kemarin kita melihat penggusuran SDN Pondok Cina 1 yang tanpa melibatkan orang tua murid, jadi banyak masalah di Kota Depok ini yang menurut saya solusinya pergantian kepemimpinan," ujar Sigit.

"Kami punya komitmen mendukung Mas Kaesang untuk memperbaiki Kota Depok. Itu sudah jelas dan itu komitmen yang tidak bisa ditawar lagi. Kami menunggu Mas Kaesang apakah mau langsung deklarasi atau menunggu misalnya koalisi dengan partai lain," pungkas Sigit.

Adapun pertemuan Giring dengan Kaesang terjadi di sebuah studio yang biasa dipakai untuk acara Podkaesang Depan Pintu (PDP) di kanal YouTube Kaesang.

Momen pertemuan itu dibagikan Giring di akun Twitter pribadinya @Giring_Ganesha, Kamis (8/6/2023).

Dalam foto yang diunggah tampak Kaesang dan Giring mengenakan kaus pendek yang sama. Berwarna hitam dengan ada tulisan PSI dengan logo PSI di akhir tulisan. 

Baca Juga: Soal Kaesang Maju Wali Kota Depok, Puan: Nanti Saya Tanya Minat atau Tidak Masuk PDIP

Tulisan lengkapnya "PSI partainya orang biasa biasa dan bukan siapa-siapa".


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x