Kompas TV nasional rumah pemilu

Dibanding PSI, Gerindra Dinilai Lebih Cocok jadi Kendaraan Kaesang di Pilkada Kota Depok

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 07:29 WIB
dibanding-psi-gerindra-dinilai-lebih-cocok-jadi-kendaraan-kaesang-di-pilkada-kota-depok
Baliho yang dipasang PSI berisi dukungan untuk Kaesang Pangarep maju jadi Wali Kota Depok. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Gerindra dinilai cocok sebagai kendaraan untuk Kaesang Pangarep maju di Pilkada Depok pada 2024 mendatang. 

Direktur Puskapol Universitas Indonesia Hurriyah menilai jika nantinya rencana Kaesang maju sebagai kandidat kepala daerah tidak diakomodir PDI Perjuangan, maka partai yang paling berpotensi menggaet putra bungsu Presiden Joko Widodo itu adalah Gerindra.

Menurut Hurriyah bila melihat perolehan kursi di DPRD Kota Depok, Partai Gerindra punya kans besar untuk mengusung Kaesang di Pilkada Kota Depok.

Berbeda dengan PSI yang sudah dari awal mendukung Kaesang, tetapi tidak memiliki kapasitas untuk mengusung suami Erina Sofia Gudono itu di Pilkada Kota Depok.

Baca Juga: Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani Klaim Gerindra Siap Dukung Kaesang Pangarep Maju Jadi Wali Kota!

Diketahui hanya empat partai yang mendominasi yakni PKS, Gerindra, PDIP dan Golkar. PKS memperoleh 12 kursi, Gerindra dan PDIP 10 serta Golkar lima kursi.

Sisanya di bawah perolehan empat partai tersebut, dengan urutan paling buncit yakni PSI yang memperoleh satu kursi.

"PSI hanya punya satu kursi sehingga meskipun PSI sangat getol mencalonkan Kaesang dari awal, tetapi peluang PSI membangun aliansi atau bahkan mengusung pencalonan Kaesang secara mandiri itu sulit," ujar Hurriya saat dihubungi di program Kompas Malam KOMPAS TV, Senin (5/6/2023).

Sebelumnya Kaesang telah menyatakan siap untuk maju di Pilkada serentak 2024. Daerah yang menjadi incarannya yakni Kota Surakarta dan Kabupaten Sleman, asal Erina Sofia Gudono, istri Kaesang. 

Baca Juga: Gibran Tolak Kaesang Maju di Pilkada Depok, Ini Alasanya

Ia juga mengaku telah mengirim beberapa foto kepada PSI. Salah satu foto yang diberikan Kaesang muncul dalam baliho dengan logo PSI. 

Dalam Baliho yang dipasang DPD PSI Kota Depok itu mencantumkan tulisan "PSI MENANG, WALIKOTA KAESANG".

"Kemarin saya sudah suplai foto-foto saya, saya kasih semua. Saya kalau melakukan sesuatu, all out," ujar Kaesang di Solo Paragon Mall, Minggu (4/6/2023).

Belakangan Partai Gerindra ikut memberikan dukungan kepada Kaesang jika ingin maju di Pilkada serentak 2024.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x