Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat soal Bakal Cawapres: Kalau Mau Menang, Ya Anies-AHY

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 10:29 WIB
demokrat-soal-bakal-cawapres-kalau-mau-menang-ya-anies-ahy
Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (kiri) bersama Anies Baswedan (kanan) saat buka puasa bersama di Nasdem Tower hari ini, Sabtu (25/3/2023).  Demokrat menyebut menyebut jika mau memenangkan Pilpres 2024, Anies harus bersanding dengan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. (Sumber: Kompas.com/Tatang Guritno)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrat mempersilakan bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya di  Pilpres 2024 mendatang.

Namun Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng menyebut jika mau memenangkan Pilpres 2024, Anies harus bersanding dengan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Kalalu kami mempersilakan mas Anies untuk memilih calon wakil presidennya," kata Andi dalam program Satu Meja The Forum Kompas TV, Rabu (7/6/2023).

"Tentu saja kalau kami ditanya, kami menyodorkan mas AHY. Kalau mau menang, ya Anies AHY."

Lebih Lanjut, Andi pun menilai dalam Koalisi Perubahan, bakal Cawapres Anies tentu harus yang memiliki visi membawa perubahan. 

“Kalau Mas Anies pasangannya yang ingin melanjutkan status quo kan bagaimana rakyat dalam konteks arus perubahan ini,” ujarnya.

Disinggung terkait pertemuan Anies dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan Kamis (1/6) lalu, Andi menyebut pertemuan tersebut tidak membahas secara eksplisit soal cawapres.

Menurut penjelasannya, saat itu SBY dan Anies membahas sejumlah isu strategis, termasuk pemantapan strategi pemenangan Koalisi Perubahan dalam Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Sekber KIB Dukung AHY Jadi Bakal Cawapres: Anies Harus Didampingi dari Militer

"Jadi di Pacitan ketemu membicarakan langkah-langkah strategis kedepan, belum sampai (pembahasan) secara eksplisit soal (cawapres)," tegasnya.


 

"Tapi yang jelas strategi-strategi, sehingga pada waktu garis start pendaftaran capres-cawapres sudah jalan full tim."

Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) terdiri dari Partai Demokrat, NasDem dan PKS.

Ketiga partai tersebut juga telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di 2024.

Mereka pun telah menandatangani piagam perjanjian. Dalam kesepakatan itu, Anies memiliki wewenang untuk menentukan cawapresnya.

Sementara itu, Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sebelumnya mengatakan saat ini Anies Baswedan, sudah mengantongi nama bakal cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

"Kalau nama (bakal cawapres) sudah jelas tadi. Ada di kantongnya Mas Anies. Berarti kan kalau kita ingin tahu, kita tanya ke Mas Anies," ujar Herzaky dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Jumat (2/6/2023).

Baca Juga: Kabar Bursa Bacawapres: Tak Main-main AHY Dilirik PDI-P, Giliran Puan Masuk Radar Koaliasi Perubahan

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x