Kompas TV nasional politik

Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Malaysia Membahas Proposal Rusia-Ukraina? Ini Jawaban Istana

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 09:42 WIB
pertemuan-jokowi-dan-prabowo-di-malaysia-membahas-proposal-rusia-ukraina-ini-jawaban-istana
Prabowo Subianto saat bersama Presiden Jokowi di Istana Negara. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, pihaknya tidak khawatir jika harus berhadapan kembali dengan PDI-P dalam Pemilu 2024. Seperti yang terjadi di dua Pilpres terakhir yakni 2014 dan 2019. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kualalumpur, Malaysia, Rabu (7/6/2023). 

Pertemuan itu di tengah mencuatnya isu ditolaknya proposal perdamaian Rusia-Ukraina yang diajukan oleh ketua umum Partai Gerindra tersebut. 

Diketahui, Prabowo sempat menyampaikan proposal resolusi perdamaian untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina saat hadir dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu (3/6/2023) lalu, tapi proposalnya ditolak pihak Ukraina. 

Baca Juga: Kala Jokowi Bersenda Gurau dengan Prabowo di Sela Kunjungan Kerja hingga Tertawa Lepas   

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan, pertemuan keduanya itu dalam rangka seorang menteri menyambut kedatangan kunjungan kerja (kunker) Kepala Negara di Negeri Jiran tersebut.

"Tadi sore Pak Menhan menyambut kedatangan Bapak Presiden dan Ibu Iriana di lobby hotel. Tampak juga Bapak Presiden dan Pak Menhan sempat berbicara sebentar, tapi saya tidak tahu apa yang dibicarakan dalam waktu yang sebentar itu," ujar Bey seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (8/6/2023).


Bey juga menjelaskan bahwa Menhan Prabowo Subianto termasuk dalam delegasi menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju yang akan mendampingi Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim, pada hari ini. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku dirinya belum sempat bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk membahas proposal perdamaian konflik Rusia-Ukraina yang diajukan oleh ketua umum Partai Gerindra tersebut. 

"Secepatnya (akan bertemu dengan Prabowo), tapi belum, belum ketemu," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (7/6).

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra menanggapi tentang proposal perdamaian untuk resolusi konflik antara Rusia dan Ukraina yang diajukan Menhan Prabowo Subianto di forum internasional beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Usai Proposal Perdamaiannya Ditolak, Menhan Prabowo Bertemu Dubes Rusia dan Ukraina

Herindra menyatakan, proposal yang disampaikan Prabowo itu hanya untuk mendamaikan kedua negara.

"Begini, intinya kita ingin konflik Rusia-Ukraina segera selesai, damai," jelas Herindra usai rapat bersama Komisi I DPR di Kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (7/6/2024).
 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x