Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Buka Pintu buat Anies Pilih Cawapres dari Kader Banteng

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 08:10 WIB
pdip-buka-pintu-buat-anies-pilih-cawapres-dari-kader-banteng
Mantan Gubernur DKI Jakarta memberikan pidato politik dalam kegiatan deklarasi relawan IndonesiaAnies di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PDI Perjuangan membuka pintu buat bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, memilih pendampingnya di Pilpres 2024 dari kader PDIP. 

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyatakan partainya tidak mempersoalkan jika Anies Baswedan memasukkan nama kader PDIP sebagai kadidat bakal cawapres.

Sekali pun nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani masuk sebagai kandidat Cawapres Anies, sambung Said, pihaknya tidak akan mempermasalahkan.

Sebab setiap partai politik memiliki hak untuk menentukan siapa figur yang masuk radar pencarian cawapres dan memiliki hak yang sama dalam memutuskan tokoh yang tepat. 

Baca Juga: Demokrat Desak Anies Baswedan Umumkan Bakal Cawapres

"Monggo, Pak Anies mau cari siapa, kami tidak akan menghalang-halangi. Bahkan Mas Anies mau nyebut Mbak Puan pun, boleh," ujar Said saat ditemui di sela Rakernas ketiga PDIP di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Said menambahkan sikap membuka pintu untuk partai lain memasukkan nama kader PDIP tidak hanya berlaku bagi Anies Baswedan.

Jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut nama kader PDIP cocok sebagai pendampingnya, pihaknya juga tidak mempermasalahkan.

Menurutnya jika hanya menyebutkan nama hal tersebut masih dalam batas kewenangan partai dan PDI tidak mencampuri pembicaraan atau pembahasan partai politik atau koalisi lain terkait Pilpres 2024.

Baca Juga: Survei Cawapres Litbang Kompas: Ini Elektabilitas Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Erick Thohir, AHY

"Sama halnya Pak Prabowo mencari cawapres siapa pun monggo karena masih dalam batas kewenangan dan otonomi serta kedaulatan partai masing-masing," ujar Said.

Pertimbangan PDIP



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x