Kompas TV nasional politik

Jubir Demokrat: Pertemuan Anies-SBY Bahas Situasi Demokrasi dan Ketatanegaraan yang Kian Buruk

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 07:54 WIB
jubir-demokrat-pertemuan-anies-sby-bahas-situasi-demokrasi-dan-ketatanegaraan-yang-kian-buruk
Anies Baswedan bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono dalam Lebaran hari pertama, Minggu (23/4/2023). Anies mendapatkan berbagai wejangan dari SBY. (Sumber: Instagram/Anies Baswedan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menjelaskan isi pertemuan antara bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023).

Menurut dia, dalam pertemuan itu membicarakan ihwal permasalahan bangsa yang sedang terjadi di Indonesia. Misalnya, seperti situasi demokrasi dan ketatanegaraan yang makin memburuk. 

"Tim 8 bersama Pak Anies menemui Presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Kami berdiskusi panjang, terutama banyak membahas situasi demokrasi dan ketatanegaraan yang makin memburuk," kata Herzaky kepada wartawan, Kamis. 

Baca Juga: Siang Ini Anies Temui SBY di Pacitan, Sinyal AHY Bakal Jadi Cawapresnya?

Ia menilai, Demokrat dan Anies memiliki pandangan yang sama, yaitu batin rakyat menginginkan adanya perubahan secara menyeluruh dalam menjalani roda pemerintahan.

"Kami membaca suasana batin rakyat yang menghendaki perbaikan, terutama dalam tata kelola negara, etika politik, penegakkan hukum, dan praktik korupsi yang kiat mewarnai pengelolaan negara," ujarnya. 

Ia menyebut, selama ini penguasa yang sedang memimpin Indonesia kian meninggalkan azas-azas kepatutan dalam bernegara. 


"Azas-azas kepatutan semakin ditinggalkan oleh para pemimpin. Rasa keadilan rakyat terkoyak." 

"Hal-hal ini menjadi agenda besar yang akan kita cari solusinya ke depan. Bagian dari akselerasi, tentu saja kita tukar pikiran apa-apa yang sebaiknya dilakukan," kata Herzaky. 

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan, akan ada kejutan pasca-pertemuan itu. 

Baca Juga: Mahfud MD Wanti-Wanti Soal Anies: Koalisi Harus Kompak, Biar Nggak Dijegal Internal Sendiri

Jansen tidak menyebutkan isi pembicaraan dalam pertemuan antara Anies dan SBY. 

"Yang pasti nanti ada kejutan. Untuk hasil rapat, nanti pasti disampaikan resmi," ungkap Jansen seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x