Kompas TV nasional peristiwa

Spesifikasi KRI Bung Karno-369 Buatan Dalam Negeri yang Jadi Kapal Kepresidenan

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 07:10 WIB
spesifikasi-kri-bung-karno-369-buatan-dalam-negeri-yang-jadi-kapal-kepresidenan
Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 diresmikan bertepatan pada Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan pengoperasian Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369.

Acara peresmian operasi KRU Bung Karno-369 ini berlangsung di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, dan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023).

Dalam acara tersebut hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dan sejumlah pejabat lain.

KRI Bung Karno-369 merupakan kapal perang buatan dalam negeri. Kapal perang tersebut masuk dalam tipe Korvet dan menjadi KRI Korvet pertama buatan anak bangsa. 

Baca Juga: Sebut Konflik di Papua Tak Kunjung Usai, Megawati Soekarnoputri Sarankan Perang Psikologi

Korvet merupakan kapal perang kecil namun memiliki kemampuan permukaan yang lebih bermanuver. Secara umum kapal tipe Korvet memiliki berat antara 510 hingga 3.050 ton dan ukuran panjang 55 hingga 128 meter. 

Untuk KRI Bung Karno-369 memiliki panjang sekitar 73 meter dengan lebar 12 meter. Sedangkan tingginya mencapai 5 meter dengan berat 650 ton.

Kapal buatan PT Karimun Anugrah Sejati ini mampu membawa 55 personel dengan kecepatan jelajah 22 knot serta kecepatan maksimal 24 knot

KRI Bung Karno-369 diproyeksikan pelaksanaan tugas operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Baca Juga: [FULL] Sambutan Megawati di Peresmian KRI Bung Karno-369

Salah satunya yakni sebagai kapal kepresidenan, menggantikan kapal kepresidenan yang lama yakni KRI Barakuda-814 yang telah beroperasi selama 27 tahun. 

"Jadi, fungsinya ada dua, selain sebagai kapal korvet, dia (KRI Bung Karno) juga sebagai kapal kepresidenan," ujar KSAL Muhammad Ali, Rabu (31/5/2023).

Kapal buatan PT Karimun Anugrah Sejati ini juga memiliki persenjataan yang lebih lengkap dan canggih dibandingkan pendahulunya, KRI Barakuda-814 jenis FPB-57.

KRI Bung Karno-369 dipersenjatai satu Meriam Leonardo 40 mm, dua Senapan Mesin Berat 20 mm, dan dua Peluncur Rudal Permukaan ke Udara. 

Baca Juga: Megawati Bikin Panglima TNI Yudo Margono Senyum-Senyum: Saya Pikir Masuk Ini!

Bung Karno akan dilengkapi dengan terpedo dan sonar, serta dirancang mampu membawa helikopter Panther dan memiliki helidek yang mirip dengan korvet kelas KRI Bung Tomo.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x