Kompas TV nasional humaniora

Mahfud MD Ajak Elemen Masyarakat Sukseskan Pemilu Damai 2024 sebagai Wujud Nilai Pancasila

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 15:24 WIB
mahfud-md-ajak-elemen-masyarakat-sukseskan-pemilu-damai-2024-sebagai-wujud-nilai-pancasila
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD saat melakukan napak tilas di pohon sukun Situs Bung Karno, Ende, Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/6/2023). (Sumber: ANTARA/HO-Kominfo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD mengajak seluruh komponen bangsa untuk menyukseskan Pemilu damai di 2024 sebagai perwujudan nilai luhur Pancasila.

Mahfud mengatakan, seluruh elemen masyarakat harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif di Pemilu 2024. 

"Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur aman dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif. Ini adalah aplikasi dan pengamalan nilai Pancasila," kata Mahfud usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Nusa Tenggara Timur, bersama Presiden, Kamis (1/6/2023), seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Potret Jokowi, Megawati hingga Sri Mulyani Kenakan Baju Daerah di Upacara Hari Lahir Pancasila

Menkopolhukam menegaskan, jiwa dan semangat Pancasila harus diaktualisasikan dalam kerangka berpikir, bertindak, dan bermasyarakat setiap individu agar terwujud nilai kemanusiaan dan solidaritas bangsa.

Menurutnya, setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai Pancasila, sebagaimana Bung Karno meminta nilai nasionalisme harus diwariskan ke generasi berikutnya.

"Bung Karno telah memberikan dasar bahwa nilai Pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan kepada generasi-generasi selanjutnya," katanya.

"Teruslah berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan yang tentunya akan turut membangun peradaban," imbuhnya.

Baca Juga: Tepat di Hari Lahir Pancasila, 76 Warga Binaan Kasus Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x