Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Pancasila Pakai Baju Adat Kesultanan Deli

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 08:40 WIB
jokowi-jadi-inspektur-upacara-hari-pancasila-pakai-baju-adat-kesultanan-deli
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di kawasan Monas, Jakarta Pusat (1/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Breaking News Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di kawasan Monas, Jakarta Pusat (1/6/2023).

Dari tayangan Breaking News Kompas TV, upacara dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para menteri kabinet, kepala lembaga tinggi negara seperti Ketua DPR Puan Maharani, pimpinan lembaga seperti Kepala Badan POM Penny Lukito dan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. 

Hadir juga mantan Wakil Presiden Budiono dan Hamzah Haz, serta Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri. 

Mereka menghadiri upacara dengan menggunakan baju adat. Seperti Presiden Jokowi yang memakai baju adat Kesultanan Deli. 

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila 1 Juni Diawali Pertanyaan Radjiman Wediodiningrat: Apa Dasarnya?

Adapun Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertugas menyambut para tamu yang hadir. Heru terlihat menyambut Budiono, serta Megawati yang datang bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, sejak turun mobil sampai ke tempat duduk. 

Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara itu yang menjadi komandan upacara adalah Direktur Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Polisi Alfian Nurrizal. 


 

Kemudian yang bertindak sebagai perwira upacara adalah Kepala Staf Komando Garnisun Tetap (Kaskogartap) I/Jakarta Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di sisi selatan Lapangan Monas Jakarta. Adapun waktu upacara dimulai pukul 06.30 sampai dengan 08.35 WIB.

Baca Juga: Susunan Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 dan Contoh Pidato Amanat Pembina Upacara

Mengutip dari pemberitaan Kompas TV sebelumnya, peringatan Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dihadiri lebih dari 4.000 orang.

"Upacara akan melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara," katanya. 

Lebih lanjut, ia berujar, tema peringatan Pancasila tahun ini adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

"Tema ini mengandung arti bahwa momentum peringatan Hari Raya Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia," ucapnya. 

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, Berikut Logo, Tema dan Maknanya

Seperti diketahui, saat Hari Lahir Pancasila yang diperingati tiap 1 Juni biasanya dirayakan dengan menyelenggarakan upacara bendera.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 akan digelar pada Kamis (1/6/2023) di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023 Hari Lahir Pancasila 2023 Tentang Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x