Kompas TV nasional politik

Muncul Baliho Prabowo dan Jokowi "Menang Bersama untuk Indonesia Raya", Pengamat: Multitafsir

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 06:40 WIB
muncul-baliho-prabowo-dan-jokowi-menang-bersama-untuk-indonesia-raya-pengamat-multitafsir
Baliho besar dengan foto Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) terpasang di ruas jalan Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif The Political Literacy, Gun Gun Heryanto, menyoroti baliho berisi foto Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta.

Menurutnya, pesan foto dan tulisan yang terpampang dalam baliho tersebut dinilai sangat multitafsir. 

"Orang bisa multitafsir terkait pesan ini, apakah pesannya sebagai presiden dan menteri atau (tulisan) 'menang bersamanya' itu diartikan sebagai endorsement Jokowi pada capres (calon presiden) 2024," kata Gun Gun dalam Kompas Petang, KompasTV, Rabu (31/5/2023).

Seperti diketahui, Prabowo telah memutuskan untuk maju kembali sebagai capres di Pemilu 2024 mendatang. Ia pun diusung sebagai bakal capres dari Partai Gerindra.

"Jadi pesannya sengaja memang strateginya dibikin polisemi, dibikin maknanya bisa banyak. Baik foto maupun tulisan mempunyai intensi untuk memengaruhi di lingkungan politik tetapi dengan cara yang di bikin multitafsir."

Kendati demikian Gun Gun menyebut baliho tersebut tidak akan terkena aturan kampanye, pasalnya tidak posisi Prabowo sebagai bakal capres, maupun logo partai.

"Ini kalau dijangkau oleh aturan, ini tidak akan bisa terkena aturan kampanye. Hal-hal seperti ini akan lebih banyak ke depan," tegsanya.

"Ini pasti sudah dipertimbangkan oleh pemasang, publik sekarang yang harus lebih kritis."

Baca Juga: Prabowo Tak Anggap Anies dan Ganjar Lawan: Mereka Saudara Saya Sendiri!

Sebab itu, ia menilai perlunya proses identifikasi yang lebih jeli dari penyelenggara pemilu untuk menertibkan ragam strategi terutama di ruang publik.

"Supaya lebih proporsional, adil, berkeadaban," ujarnya.

Sebagai informasi, sebuah baliho besar dengan foto Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) terpasang di ruas Jalan Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baliho ini memuat dua foto momen kebersaman Prabowo dan Jokowi.

Foto pertama momen Ketum Gerindra menyopiri Jokowi sedangkan foto kedua menampilkan saat keduanya sedang diwawancara media.

Dalam Baliho tersebut, tidak ada tulisan terkait capres, melainkan hanya tertulis jabatan keduanya yakni Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Jokowi sebagai Presiden RI.

Baliho tersebut juga tidak memuat logo partai maupun logo lembaga. 

Kendati demikian terdapat tulisan 'Menang Bersama Untuk Indonesia Raya' dalam baliho besar tersebut.

Baca Juga: Jokowi: Pilpres 2024 Krusial, Saya Cawe-cawe Tidak akan Netral


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x