Kompas TV nasional peristiwa

Besok, Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 19:34 WIB
besok-jokowi-jadi-inspektur-upacara-hari-lahir-pancasila-di-monas
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima para finalis ajang Puteri Indonesia tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (22/05/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, Kamis besok (1/6/2023), di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. (Sumber: Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, Kamis besok (1/6/2023) di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Informasi ini dikonfirmasi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, Rabu (31/5).

"Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo," kata Yudian dalam keterangannya.

Menurut penjelasannya, upacara akan dilaksanakan di sisi selatan Lapangan Monas Jakarta.

Adapun waktu upacara dimulai pukul 06.30 sampai dengan 08.35 WIB.

Sementara itu yang menjadi komandan upacara pada esok hari adalah Direktur Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Polisi Alfian Nurrizal. 

Kemudian yang bertindak sebagai perwira upacara adalah Kepala Staf Komando Garnisun Tetap (Kaskogartap) I/Jakarta Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila 2023, Sejarah Ditetapkan 1 Juni 1945 hingga Rumusan dari Para Tokoh

Dalam kesempatan itu, Yudian menyebut peringatan Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini akan dihadiri lebih dari 4.000 orang.

"Upacara akan melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara," jelasnya.

Lebih lanjut, ia berujar, tema peringatan Pancasila tahun ini adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

"Tema ini mengandung arti bahwa momentum peringatan Hari Raya Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia," tandasnya.

Seperti diketahui, saat Hari Lahir Pancasila yang diperingati tiap 1 Juni biasanya dirayakan dengan menyelenggarakan upacara bendera.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 akan digelar pada Kamis (1/6/2023) di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023 Hari Lahir Pancasila 2023 Tentang Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Baca Juga: 1 Juni 2023 Tanggal Merah untuk Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Sejarahnya


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x