Kompas TV nasional peristiwa

Kompas.com Raih Penghargaan Silver Champion dari Indonesia WOW Brand 2023

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 23:00 WIB
kompas-com-raih-penghargaan-silver-champion-dari-indonesia-wow-brand-2023
Kompas.com sukses meraih penghargaan silver champion dari ajang Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori News Website & News Aggregator. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kompas.com berhasil meraih penghargaan silver champion dari ajang Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori News Website & News Aggregator. 

Indonesia WOW Brand 2023 merupakan ajang penghargaan di tengah rangkaian acara The 8th WOW Brand Festive Day 2023 yang diselenggarakan secara luring oleh Markplus, Inc., bertempat di The Westin, Jakarta. 

The 8th WOW Brand Festive Day sendiri merupakan wadah bagi masyarakat untuk menginsafi konsep WOW Marketing melalui customer path yang akrab dengan sebutan 5A, yakni aware, appeal, ask, act, dan advocate.

Adapun pemenang dalam Indonesia WOW Brand 2023 ditentukan berdasarkan survei dengan konsep MarkPlus WOW Marketing. Survei yang dilakukan kepada lebih dari 30.000 responden ini mengukur brand advocacy ratio (BAR) dari seluruh merek di Indonesia. 

Sebagai informasi, BAR adalah rasio antara tingkat advokasi dan tingkat kesadaran. MarkPlus, Inc., percaya bahwa BAR merupakan faktor kunci keberhasilan dalam manajemen merek. 

Founder and Chairman of MCorp Hermawan Kartajaya mengatakan, pada 2020, seluruh brand terpaksa berjualan secara online akibat adanya pandemi Covid-19. Menurutnya, hal ini merupakan keputusan yang bagus untuk mempertahankan brand agar tidak mati menjelang 2020. 

“Akan tetapi, karena kita sudah masuk ke dekade baru, brand harus mulai memberdayakan (pemasaran) offline agar bisa bertahan. Brand-brand di dekade baru yang mengandalkan online itu hanya 5-10 persen dari mereka yang dapat bertahan," ujar Hermawan dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023) lalu.

Baca Juga: Prabowo Teratas versi Survei Litbang Kompas, Gerindra: Sosok Ideal Penerus Jokowi

Oleh karena itu, imbuhnya, trik jitu yang perlu diadopsi oleh seluruh perusahaan adalah strategic thinking. Tanpa hal itu, menurut Hermawan, bisnis suatu perusahaan akan kesulitan berkembang dan bahkan bertahan hidup. Harus ada repositioning secara terus menerus agar produk tetap bisa disukai oleh generasi Z (Gen Z).

"Brand itu tetap penting di saat sekarang. Karena persaingan masih (terjadi) di antara para brand, mereka perlu rebranding secara terus-menerus," kata Hermawan.

Namun, menurut Hermawan, branding pada tahun ini juga semakin kompetitif karena pasar Gen Z yang menantang. Konsumen Gen Z menunjukkan pola perilaku yang kritis, terbuka, dan emosional. Inilah yang mendorong merek-merek di Indonesia untuk tidak hanya menghasilkan iklan yang menarik secara visual, tetapi juga memberikan nilai dan dampak yang signifikan pada konsumen.

Dalam hal ini, kata Hermawan, branding strategy tidak hanya mengajak target pasarnya, tetapi juga harus bisa memberikan dampak berulang untuk target pasar hingga dapat merekomendasikan suatu brand

Berangkat dari hal tersebut, kegiatan The 8th WOW Brand Festive Day menghadirkan rangkaian sesi, yaitu Build Attraction with Strong Brand DNA, Confirm Curiosity using Brand Conversation, Drive Commitment through Brand Phygital Presence, dan Boost Affinity by Brand Collaboration.

The 8th WOW Brand Festive Day 2023 juga menghadirkan konferensi pers yang dihadiri oleh Hermawan Kartajaya, Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. Jacky Mussry, VP of Product and Brand Marketing Halodoc Ridzky Novasandro, CEO Dwi Sapta sekaligus CSO Dentsu Creative Indonesia Erwin, serta Head of Brand and Communication Dekoruma Narendra Pryottama.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Rilis Elektabilitas Bakal Capres 29 April-10 Mei, Begini Penjelasannya


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.