Kompas TV nasional hukum

Johnny G Plate Tersangka Dugaan Korupsi, Pakar Sebut PPK Paling Bertanggung Jawab dalam Proyek

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 19:45 WIB
johnny-g-plate-tersangka-dugaan-korupsi-pakar-sebut-ppk-paling-bertanggung-jawab-dalam-proyek
Pakar hukum pidana Jamin Ginting dalam Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Senin (12/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pakar hukum pidana dari Universitas Pelita Harapan, Jamin Ginting, berpendapat, pejabat pembuat komitmen (PPK) merupakan pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pelaksanaan suatu proyek.

Penjelasan itu disampaikan Jamin dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (17/5/2023), membahas kasus dugaan korupsi yang menyeret Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

“Tapi, yang perlu kita perhatikan di sini, dalam suatu proyek, siapa yang paling bertanggung jawab terkait proyek tersebut,” tuturnya.

Menurut Jamin, dalam konteks ini, Johnny G Plate selaku menteri merupakan pengguna anggaran, yang mungkin lalai dalam mengawasi pelaksanaan proyek.

Baca Juga: Buntut Johnny G Plate Tersangka Korupsi, Surya Paloh Tunjuk Hermawi Taslim sebagai Plt Sekjen NasDem

“Dalam konteks menteri, dia ini kan sebagai pengguna anggaran, sehingga mungkin ada kelalaian dalam mengawasi penyelenggaraan proyek,” tuturnya.

“Padahal dalam suatu proyek tersebut sebenarnya ada yang paling bertanggung jawab, ada yang disebut PPK, pejabat pembuat komitmen, selain dari pengguna anggaran.”

Oleh sebab itu, ia menduga bakal ada tersangka baru selain Johnny G Plate pada kasus pembangunan BTS 4G BAKTI Kominfo tersebut.

“Jadi saya kira kemungkinannya masih ada lagi tersangka lain selain Pak Menteri ini, yaitu PPK, karena dia yang paling tahu terkait dengan teknis pelaksanaan keuangan itu.”

“Anda bayangkan, kalau Rp10 triliun, lalu Rp8 triliun dikorupsi, berarti pekerjaannya kan tidak muncul,” imbuhnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x